Ingin mendaki Gunung Merbabu? Sebelum itu, pilih lebih dulu jalur pendakian Gunung Merbabu mana yang akan dilewati. Pasalnya gunung dengan ketinggian 3.142 mdpl ini punya beberapa pilihan jalur pendakian resmi yang bisa digunakan, yaitu jalur via Selo, Wekas, Suwanting, Chuntel dan Tekelan. Sementara jalur lain selain itu merupakan jalur ilegal yang tidak disarankan untuk dilalui oleh para pendaki Merbabu.

Untuk lebih jelasnya perihal 5 jalur pendakian Merbabu, perhatikan berikut ini:

  1. Jalur Selo. Jalur ini akan mengantarkan melewati padang sabana yang terhampar luas dan indah. Pendaki juga bisa melihat padang edelweiss yang memesona bila mendaki saat musim mekar bunga ini.
  2. Jalur Wekas. Jalur ini memiliki tempat kemah yang luas dengan sumber air yang melimpah. Sehingga banyak juga yang memanfaatkannya untuk berkemah.
  3. Jalur Suwanting. Jalur ini membawa pendaki melewati medan di tengah hutan lamtoro yang panjang serta hamparan luas sabana sebelum mencapai puncak.
  4. Jalur Chuntel. Melalui jalur ini pendaki akan melewati menara pemancar yang ada di Pos Pemancar dan menghadapi sedikit tanjakan terjal.
  5. Jalur Tekelan. Di jalur ini pendaki akan menjumpai spot bernama Watu Gubug, meski kelihatannya kecil batu ini bisa dimasuki pendaki.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai jalur pendakian menuju puncak Merbabu. Jadi sekarang, sudah tahu mana jalur yang akan dipilih?

Categories: Pengetahuan