You are currently viewing Cara Mengatasi Rasa Lapar saat Menyusui dengan Cepat
Pixabay.com

Cara Mengatasi Rasa Lapar saat Menyusui dengan Cepat

Air susu ibu (ASI) merupakan hal yang penting bagi bayi. Hal ini disebabkan ASI merupakan makanan alami yang bergizi tinggi. Namun, kegiatan menyusui tentu akan memberikan efek pada seorang ibu. Salah satu kondisi yang dialami ibu yang sedang menyusui adalah rasa lapar yang berlebihan. Agar tidak berakibat buruk, Anda perlu tahu cara mengatasi rasa lapar saat menyusui.

Cara Mengatasi Rasa Lapar saat Menyusui

Lapar berlebih memang hal yang biasa dialami oleh ibu menyusui karena sari pati makanan sebagian besar diubah menjadi air susu. Namun, jika ibu menyusui makan makanan sembarangan, akibatnya kesehatan akan terganggu dan ibu dapat mengalami obesitas. Berikut cara mengatasi rasa lapar saat menyusui.

  1. Perbanyak Konsumsi Ikan

Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung protein tinggi dan memiliki asam lemak yang bermanfaat untuk perkembangan bayi, terutama DHA dan omega-3. Dengan mengonsumsi ikan, ibu tidak hanya merasakan kenyang yang lebih lama, tetapi juga jantung Anda menjadi lebih sehat dan bayi mendapat asupan yang baik.

  1. Kurangi Makanan Manis

Saat menyusui dan sering merasa lapar berlebihan, pada umumnya ibu akan segera makan makanan cepat saji. Akibatnya, gula darah menjadi tidak terkontrol sehingga memicu produksi insulin. Insulin yang mengalir ke darah dapat dengan cepat menurunkan gula darah. Jadi, ibu menyusui akan cepat mengalami kelaparan. Oleh karena itu, kurangi makanan manis dan perbanyak makanan berserat tinggi.