Apa Itu Badal Haji

Melaksanakan ibadah haji merupakan impian umat islam. Sayangnya, masih banyak orang yang belum berkesempatan melaksanakannya. Namun, pada dasarnya sudah ada badal haji. Tahukah kamu apa itu badal haji?

Inilah Arti Badal Haji

Jika kamu sedang mencari informasi mengenai apa itu badal haji, sebaiknya carilah referensi yang tepat. Pada dasarnya badal haji ini bukanlah istilah baru. Badal haji ini diperuntukkan bagi seseorang yang ingin mewakilkan ibadah hajinya untuk orang lain dengan syarat tertentu.

Pengertian badal haji

Badal haji dapat diartikan sebagai pelaksanakan ibadah haji dengan diwakilkan oleh orang lain. Pelaksanaan badal haji ini diperuntukkan bagi orang yang tidak bisa melaksanakan ibadah haji secara langsung. Untuk itu, peran wakil diperlukan dalam pelaksanakan badal haji ini.

Kondisi yang memungkinkan badal haji antara lain jika seseorang bersedia menggantikan ibadah haji untuk orang yang sakit atau bahkan sudah meninggal dunia. Pahala ibadah haji tersebut akan masuk ke orang yang diwakilkan tadi. Tentunya pelaksanaanya tidak boleh sembarangan.

Persyaratan yang harus dipenuhi

Seperti ayng telah dijelaskan sebelumnya, pelaksanaan badal haji ini tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar badal hajinya sah dan tidak sia-sia semata. Beberapa persyaratan tersebut antara lain:

Memenuhi ketentuan berhaji secara umum.

Orang yang akan digantikan saat berhaji harus memenuhi ketentuan berhaji secara umum. Sebagai contoh, orang tersebut haruslah mampu secara finansial. Pasalnya, salah satu syarat agar bisa menunaikan ibadah haji adalah mampu.

Berhalangan

Orang yang akan digantikan harus memiliki alasan yang tepat untuk disebut berhalangan. Sebagai contoh, orang yang berhalangan tersebut sedang menderita penyakit yang tidak memungkinkan melaksankan perjalanan yang jauh.

Orang yang menggantikan sudah berhaji

Pemilihan orang yang menggantikan ibadah haji tidak boleh sembarang. Orang tersebut janganlah yang belum pernah berhaji. Justru orang yang tepat menggantikan ibadah haji tersebut adalah yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji.

Ibadah dilakukan untuk menggantikan satu orang

Pada dasarnya pelaksanaan badal haji ini hanya dilakukan untuk satu orang saja. Kamu tidak bisa menggantikan ibadah haji dua orang dengan satu orang saja. Untuk perkara ini sudah sangat jelas dan tidak perlu diperdebatkan.

Biaya pelaksanaan badal haji

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Biaya Haji Plus umumnya cukup mahal jika berangkat dari Indonesia. Harga tersebut sangatlah wajar mengingat setiap orang membutuhkan akomodasi yang layak dari mulai berangkat hingga kembali lagi ke Indonesia.

Khusus untuk perkara badal haji, umumnya biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Hal tersebut bertujuan agar pelaksanaan badal haji bisa lebih ringan dan membantu sesama manusia. Akan tetapi, kebijakan ini tidak bisa disalahgunakan secara sembarangan.

Meski pun murah, kamu yang memilih paket badal haji ini tidak bisa menggunakannya untuk diri sendiri. Selain merugikan pihak yang terlibat, pahala haji tersebut juga tidak akan kamu dapatkan. Untuk itu, mencoba berbohong adalah perkara yang sia-sia saja.

Cara melaksanakan badal haji

Jika kamu tertarik untuk melaksanakan badal haji, kamu tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, kini sudah banyak biro perlajalanan haji yang menyediakan paket perjalanan badal haji. Tentunya paket tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Mengenai perkara pelaksanaannya, kamu tentu akan diarahkan sesuai prosedur yang berlaku. Namun, untuk yang menggantikan orang yang ingin berhaji tentunya sudah pernah pergi haji. Untuk itu, perkara pemberangkatan haji dan pelaksanaannya sudah tidak membingungkan lagi.

Hal yang perlu diperhatikan

Jika kamu memutuskan untuk berangkat mewakili seseorang, pastikan bahwa kamu siap dan ikhlas dalam menjalankannya. Pasalnya, pahala haji tersebut akan diberikan kepada orang yang diwakilkan secara langsung.

Perlu diketahui juga bahwa program badal haji ini tidak boleh dianggap remeh. Meski tidak menyulitkan, kamu tetap memegang amanah dari orang yang diwakilkan tersebut. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban untuk kamu melaksanakan ibadah haji terebut dengan sempurna.

Jika kamu berada di pihak yang akan diwakilkan, pastikan bahwa kamu memenuhi persayaratan badal haji. Program ini hanya diperuntukkan untuk kamu yang berhalangan karena penyakit atau kondisi tertentu. Bahkan, program ini bisa digunakan menggantikan orang yang sudah tiada.

Kesimpulan

Program badal haji ini bisa menjadi sebuah solusi yang menarik untuk menghajikan orang terdekat yang sedang berhalangan. Bahkan, kamu juga bisa menggantikan pelaksaan ibadah haji untuk orang yang sudah meninggal dunia.

Biaya pelaksanaan program badal haji ini jauh lebih murah dibandingkan program haji regular. Akan tetapi, kamu tidak bisa menggunakan program badal haji ini untuk digunakan sendiri. Hal tersebut hanya akan membuat ibadah haji yang kamu lakukan menjadi sia-sia saja.

Untuk mulai program badal haji ini, pengganti harus sudah menunaikan ibadah haji sebelumnya. Jika dilanggar, maka pelaksanaan badal haji tidak bisa dilakukan.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai apa itu badal haji. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang tertarik dengan program badal haji ini. Pastikan kamu memahami setiap aturan mengenai program ini agar pelaksanaannya tidak sia-sia. Selamat mencoba!

Posted in <a href="https://encompinc.com/category/islam/" rel="category tag">Islam</a>Tags: <a href="https://encompinc.com/tag/haji/" rel="tag">Haji</a>