Untuk melakukan proses editing video, Anda akan membutuhkan bantuan dari perangkat lunak yang disebut aplikasi. Aplikasi editing video yang dapat digunakan di komputer atau PC dengan aplikasi editing yang dapat digunakan di Android umumnya berbeda. Berikut ini beberapa aplikasi edit video PC yang direkomendasikan untuk Anda.

  1. Corel Studio Video

pixabay.com

Corel Video Studio adalah salah satu aplikasi edit video yang dapat digunakan pada PC. Bagi para pemula yang belum berpengalaman mengedit video, aplikasi ini adalah salah satu yang direkomendasikan karena aplikasi yang satu ini dibekali dengan tampilan yang sederhana.

Selain menawarkan kesederhanaan, Corel Studio Video juga menawarkan kemudahan dalam proses editing video sehingga pemula tidak akan merasa kerepotan saat menggunakannya. Walaupun menawarkan kemudahan dan kesederhanaan, tetapi aplikasi ini tetap didukung dengan kecanggihannya tersendiri yang cocok digunakan oleh para pemula.

  1. Adobe Premiere Pro

Adobe adalah salah satu developer yang telah banyak dikenal karena telah menghasilkan berbagai aplikasi yang mampu membantu penggunanya melakukan tugas seperti Adobe Photoshop, Adobe Reader dan masih banyak lagi.

Adobe Premiere Pro adalah salah satu aplikasi edit video untuk PC besutan Adobe yang sering digunakan karena aplikasi edit video yang satu ini menawarkan fitur-fitur yang mudah dipahami bahkan oleh editor pemula sekalipun.

Selain karena menawarkan berbagai fitur yang mudah dipahami oleh penggunanya, Adobe Premiere Pro juga menawarkan fitur yang lengkap sehingga aplikasi ini sering dijadikan pilihan oleh para editor untuk mengedit video baik oleh editor pemula maupun yang sudah profesional.

  1. Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro 13 adalah aplikasi edit video PC yang dikembangkan oleh Sony. Aplikasi ini sudah dikenal di dunia karena kelengkapan fiturnya sehingga cocok digunakan oleh editor yang sudah profesional.

Walaupun memiliki fitur yang lengkap, aplikasi Sony Vegas Pro 13 ini mudah digunakan. Cukup dengan menyeret atau drag video yang ingin diedit ke dalam aplikasi, Sony Vegas Pro 13 akan membagi video tersebut secara otomatis ke dalam kolom sound atau suara dan video atau gambar.

  1. AVS Video Editor

Aplikasi edit video untuk PC yang ringan terkadang lebih digemari terutama bagi pemula. Jika Anda termasuk dalam kelompok editor pemula yang menginginkan aplikasi edit video yang ringan, maka AVS Video Editor adalah jawabannya. Sifat ringan pada aplikasi edit video yang satu ini menyebabkan AVS Video Editor dapat mengedit serta memproses video dengan cepat.

Dengan kata lain, apabila Anda tak punya banyak waktu untuk mengedit dan tengah menghadapi tuntutan untuk menghasilkan video yang baik dalam jangka waktu yang pendek, Anda dapat mengandalkan aplikasi AVS Video Editor ini. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki keunggulan lain dengan adanya video cache.

  1. Pinnacle Studio

Selain beberapa aplikasi edit video yang telah diuraikan di atas, Pinnacle Studio juga termasuk aplikasi edit video yang direkomendasikan karena menawarkan fasilitas yang lengkap. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur editing dasar yang dibuat untuk pemula sehingga aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru belajar video editing.

  1. Lightworks

Aplikasi Lightworks adalah salah satu aplikasi edit video yang telah diuji oleh para profesional. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang lengkap yang membuat Anda dapat mengedit video layaknya editor profesional. Aplikasi ini mendukung video dengan resolusi HD, NTSC dan PAL.

  1. Final Cut

Selain Windows, MacOS adalah sistem operasi yang sering digunakan. Bagi pengguna sistem operasi MacOS, aplikasi Final Cut adalah aplikasi edit video yang paling digemari. Final Cut sangat cocok untuk editor profesional karena aplikasi edit video yang satu ini banyak digunakan pada proses editing film Hollywood.

  1. Magix Movie Pro

pixabay.com

Jika Adobe dan Corel menjadi primadona di Amerika Serikat, maka aplikasi edit video yang digemari di pasar Eropa adalah Magix Movie Pro. Aplikasi ini telah menjadi primadona di kalangan editor Eropa selama beberapa dekade terakhir karena kelengkapannya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan efek video yang banyak termasuk di dalamnya alat pembuat judul yang baik dan dukungan template cuplikan film yang multi kamera. Magix Movie Pro juga menawarkan tools atau peralatan edit audio yang solid dan sesuai dengan harga yang ditawarkan aplikasi edit video yang satu ini.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat pilihan aplikasi edit video semakin banyak. Jika Anda mencari rekomendasi aplikasi edit video untuk PC, Anda dapat mengunjungi https://ukdpc.net/. Pada situs tersebut, Anda akan menemukan banyak informasi dengan topik teknologi.

Dengan kata lain, https://ukdpc.net/ dapat menjadi sumber utama bagi Anda saat membutuhkan informasi yang relevan atau terbaru bertemakan teknologi.

Categories: Pengetahuan