Parutan menjadi peralatan masak yang sangat penting di dapur dan ada banyak jenisnya. Seperti parutan kelapa, parutan sayuran, parutan keju, parutan kentang, bahkan hingga parutan singkong. Untuk bahannya dari parutan tersebut sangatlah beragam, salah satunya yaitu stainless steel. Apabila Anda mempunyai pemarut singkong yang terbuat dari bahan stainless steel Anda harus membersihkannya secara rutin.

Cara Membersihkan Pemarut Singkong

Menjaga kebersihan pada pemarut singkong memang perlu dilakukan supaya makanan yang Anda hasilkan tersebut benar-benar terjaga kebersihannya. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika hendak membersihkannya. Sementara membersihkan parutan singkong yang terbuat dari bahan stainless steel tidak hanya asal menggunakan sabun saja. Akan tetapi ada cara lain yang dilakukan supaya kotoran bekas singkong dapat bersih.

 

Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

  1. Rendam Menggunakan Air Sabun

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan merendam pemarut ke dalam air sabun. Tujuannya yaitu supaya kotoran melunak, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Rendaman air nantinya dapat membersihkan bekas singkong yang menempel pada parutan. Dengan begitu kotoran dapat terlepas dengan sendirinya. Kemudian Anda hanya cukup mencuci parutan seperti pada biasanya saja dan keringkan sampai benar-benar kering supaya parutan tidak berkarat.

 

  1. Menggunakan Sabut Besi

Selain merendam parutan menggunakan air dan sabun Andapun bisa mencuci parutan stainless steel menggunakan sabut besi. Untuk menggunakan spon yang lembut tentunya tidak dapat menghilangkan bekas singkong secara tuntas. Penggunaan sabut besi menjadi pilihan yang tepat karena tidak akan mudah sobek.

 

Selain itu sabut besi juga dapat mengangkat kotoran secara maksimal. Saat pencucian sebaiknya gunakan air mengalir supaya kotoran yang menempel benar-benar terangkat dan terlepas secara sempurna.

 

  1. Gunakan Sikat

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan sikat untuk menghilangkan sisa kotoran di bagian lubang parutan. Sikat yang digunakan bisa menggunakan sikat gigi atau sikat biasa. Namun pastikan bahwa sikap tersebut berada dalam kondisi yang bersih atau bukan sikat bekas yang kotor.

 

Membersihkan alat masak seperti parutan singkong memang wajib dilakukan supaya kondisi parutan benar-benar terjaga kebersihannya dan tidak mudah berkarat. Terlebih lagi yang terbuat dari bahan stainless steel maka beberapa langkah membersihkan seperti diatas bisa Anda ikuti.

Categories: Uncategorized