Seiring bertambahnya usia, anak akan semakin banyak beraktivitas di luar rumah. Hal ini biasanya akan membuat kulit anak menjadi lebih gelap dan tampak kusam. Saat hal ini terjadi, Anda dapat mengambil tindakan untuk memutihkan kulit anak, tetapi dengan cara yang aman. Cara memutihkan kulit anak balita yang aman adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami berikut.

  1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memang tidak dapat memutihkan kulit secara langsung, tetapi komponen yang terkandung di dalamnya dapat menghambat proses hiperpigmentasi sehingga perubahan warna kulit pun dapat dihambat. Gel lidah buaya juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga kulit akan terjaga dari kerusakan.

  1. Minyak kelapa

Salah satu cara membuat kulit tetap sehat adalah dengan menjaganya agar tetap lembap, misalnya dengan menggunakan minyak kelapa. Menggunakan minyak kelapa hangat sebagai olesan seraya memberikan pijitan ringan akan membuat kulit anak menjadi lembap. Jika dilakukan secara rutin, kulit anak akan terlihat lebih bercahaya dan teksturnya menjadi lebih lembut.

  1. Pasta susu dan kunyit

Menggunakan pasta yang terbuat dari bubuk kunyit dan susu untuk memijat kulit dapat membantu memutihkan kulit balita. Sebelum dibersihkan dengan kain atau handuk basah, biarkan pasta mengering terlebih dahulu. Setelah pasta mengering, Anda bisa memandikan anak hingga bersih tanpai memakai sabun.

  1. Daun mint dan madu

Selain cocok ditambahkan ke dalam makanan dan minuman, mint dan madu juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit balita. Mint dapat memberikan efek menenangkan dan rileks, membantu sel dalam proses regenerasi sehingga kulit akan kembali cerah dan sehat. Cara pemakaiannya adalah dengan menghaluskan daun mint, dicampur madu kemudian dijadikan masker.

  1. Yoghurt, tomat dan oatmeal

Jika Anda mendapati kulit anak menjadi kasar dan warnanya lebih gelap, Anda dapat menggunakan yoghurt, tomat dan oatmeal sebagai alternatif untuk mengembalikan kesehatan kulit anak. Cara memutihkan kulit anak balita dengan cara ini adalah dengan menggunakannya sebagai masker untuk kulit.

 

 

Categories: Pengetahuan