Membangun bisnis atau usaha jasa memang memerlukan skill atau kemampuan tertentu, namun tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan. Kemampuan apapun bisa Anda pelajari asal ada niat dan keyakinan untuk belajar. Beberapa orang lainnya mungkin sudah memiliki kemampuan di bidang tertentu, namun terkendala dengan modal.

Nah, untuk kendala modal Anda juga tidak perlu khawatir karena dengan modal sedikitpun Anda masih bisa memulai usaha. Ada banyak sekali pilihan bisnis atau usaha yang bisa Anda jalankan baik itu yang membutuhkan modal besar atau sedikit. Jika sudah memulai bisnis, selanjutnya perlu konsisten dalam menjalankan bisnis agar bisa semakin berkembang dan meraup lebih banyak keuntungan.

Table of Contents

6 Jenis Usaha Jasa yang Menguntungkan

Bisnis atau usaha itu sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu menjual barang atau jasa. Bisnis di bidang jasa saat ini sedang tren dan berpeluang memiliki keuntungan yang besar. Belum lagi jika dijalankan dengan metode online, pasti akan lebih banyak menarik konsumen. Nah, berikut ini rekomendasi beberapa jenis usaha atau bisnis jasa yang bisa Anda jalankan, antara lain:

  1. Usaha Jasa Penerjemah

Di zaman sekarang, jasa penerjemah sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang bahasa, maka mulailah membuka usaha jasa penerjemah. Anda bisa memulainya dengan bergabung dengan agen travel yang menyediakan perjalanan internasional dan menjadi guide. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa penerjemah secara online.

  1. Usaha Jasa Penulis Artikel

Selain menjadi jasa penerjemah, Anda juga bisa menjalankan usaha secara online dengan menjadi penulis artikel. Saat ini, internet dan dunia maya sudah menjadi kebutuhan dan banyak sekali yang mengembangkan blog atau website. Hal ini bisa jadi peluang besar bagi para penulis artikel untuk menyediakan jasa menulis bagi para pemilik website.

  1. Usaha Jasa Pembuatan Website

Di zaman sekarang, website sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan baik digunakan untuk personal maupun bisnis. Bagi Anda yang memiliki skill di bidang coding, maka bisa membuka jasa pembuatan website. Usaha pembuatan website sangat dibutuhkan untuk jenis website personal, bisnis, perusahaan negara maupun swasta dan lain sebagainya.

  1. Usaha Jasa Les atau Kursus

Anda juga bisa membuka jasa les atau kursus berbagai macam bidang meliputi pelajaran/keilmuan, menari, menggambar, bahasa dan lain sebagainya. Les atau kursus yang Anda jalankan juga bisa dilakukan secara offline maupun online menggunakan teknologi dan internet. Usaha ini juga termasuk salah satu jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal yang besar.

  1. Usaha Jasa Laundry

Nah, usaha yang satu ini sedang banyak dilakukan di berbagai daerah baik di perkotaan maupun pedesaan. Jenis usaha ini menjadi sangat dibutuhkan karena banyak yang menjadi karyawan dan tidak punya banyak waktu untuk mencuci sendiri. Usaha laundry ini memiliki potensi yang cukup besar untuk memberikan keuntungan yang cukup banyak.

  1. Usaha Jasa Titip (Jastip)

Usaha yang satu ini cukup populer atau sedang tren belakangan ini, khususnya di kalangan anak muda. Cara kerjanya yaitu seseorang yang menawarkan jasa titip untuk membeli suatu barang di suatu tempat. Biasanya, jasa titip ditawarkan oleh mereka yang sedang bepergian ke luar negeri atau luar kota.

Manfaat Memulai Usaha di Bidang Jasa

Dibandingkan dengan menjual produk atau barang, beberapa orang justru lebih suka membuka usaha di bidang jasa. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa alasan dan manfaat membangun usaha atau bisnis sebagai penyedia jasa, antara lain:

  • Modal yang dibutuhkan untuk membuka sebagian besar usaha di bidang jasa relatif kecil daripada usaha menjual produk/barang
  • Usaha di bidang jasa hampir tidak perlu memikirkan proses distribusi karena tidak ada pengiriman produk/barang
  • Karena tidak menjual suatu produk/barang, maka tidak perlu menyimpan stok
  • Tidak ada pengendapan modal seperti yang terjadi pada para penjual produk saat produk mereka belum laku terjual

Itulah berbagai informasi mengenai bisnis atau usaha jasa yang memiliki banyak keuntungan dibandingkan usaha menjual produk/barang. Untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha jasa yang Anda jalankan, maka diperlukan promosi yang dilakukan secara offline maupun online.

Selain itu, Anda bisa memasang papan nama atau neon box. Untuk itu, Anda perlu memesan kepada jasa neonbox terpercaya di kota Anda dan memilih neon box acrylic, vinyl atau lainnya. Neon box tersebut bisa dipasang di depan toko, rumah atau lokasi bisnis Anda.

 

 

 

Categories: Bisnis