Kanopi Rumah Minimalis

Anda berencana memasang kanopi untuk menyempurnakan tampilan rumah minimalis? Pilihan tepat telah dibuat. Kanopi memang merupakan furniture yang multi-fungsi yakni memberikan tambahan estetika pada rumah serta cocok menjadi atap teras atau garasi.

Kelebihan kanopi dibandingkan jenis atap lainnya yakni pemasangannya yang mudah dan umumnya terdiri dari material ringan. Belum lagi, ragam jenis kanopi kian variatif, membuat calon peminat lebih leluasa memilih jenis manakah yang paling cocok sesuai selera dan tentunya juga isi kantong belanja.

Variasi kanopi recommended untuk rumah minimalis

Pixabay.com

Apakah anda masih bingung bagaimana cara menentukan model kanopi yang pas bagi tempat tinggal kesayangan? Disadari maupun tidak, furniture yang diaplikasikan pada sebuah rumah melambangkan karakter dari pemiliknya. Oleh karenanya, calon pembeli harus memilih dengan jeli model manakah yang benar-benar diinginkan.

Kali ini kita akan membahas beberapa variasi kanopi terbaru serta ragam jenis yang paling diminati di pasaran. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kegunaan fungsi serta keterpaduan jenis-jenis tersebut dengan model hunian anda.

  1. Kanopi material kayu

Material kayu memang tidak pernah lekang popularitas nya. Kendati masih menjadi varian baru, permintaan kanopi jenis ini sudah melonjak tajam baik melalui pembelian langsung ataupun melalui pemesanan pribadi kepada pengrajin kayu.

Kanopi kayu minimalis memberikan kesan natural serta asri bagi halaman rumah. Guratan serat-serat kayu menampilkan keindahan alamiah dan mengandung nilai seni tersendiri. Penyusunan material kanopi jenis inipun bermacam-macam, ada yang menggunakan lumbersering, jati, kayu balok, hingga serbuk kayu daur ulang yang ditata sedemikian rupa hingga melahirkan perabotan bernilai tinggi.

Selain keren, ternyata ramah lingkungan juga ya?

  1. Kanopi kain dengan kesan modern

Kanopi jenis ini tidak  menggunakan material kain sembarangan melainkan kain-kain yang memiliki kemampuan baik dalam menahan air hujan, menahan sinar matahari serta mempunya durabilitas nomor satu. Jenis-jenis kain tersebut diantaranya, katun, polyester, membran dan kanvas.

Kelebihan menggunakan kanopi jenis ini yaitu ketersediaan banyak warna sehingga memungkinkan anda mengeksplorasi manakah yang paling serasi disandingkan dengan warna dinding atau pertimbangan aspek lainnya. Kain kanopi dibuat khusus dengan pewarna pakaian yang lebih awet sehingga tidak mudah luntur maupun pudar.

Adapun kekurangannya, calon pengguna harus benar-benar mengetahui apa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis material dan menyesuaikannya dengan kebutuhan utama. Misalnya, katun lebih unggul dalam hal durabilitas dan  kanvas paling efektif dalam menahan sinar matahari.

  1. Kanopi panel solar

Apabila anda tertarik memperdayakan sumber daya rumah tangga dengan sinar matahari, maka kanopi ini sangat direkomendasikan. Pasalnya atap jenis ini mampu menyimpan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sangat cocok bagi para smart homers, kan?

Kanopi solar dirancang khusus dengan perangkat elektrik dan mekanik sehingga memiliki kemampuan menyimpan energi sinar matahari. Di Indonesia sendiri, kanopi panel solar masih jarang digunakan ataupun diproduksi. Salah satu alasannya ialah harganya yang jauh lebih mahal dibandingkan jenis kanopi lainnya.

  1. Kanopi dengan tanaman sulur nan menyejukkan

Sebenarnya, kanopi jenis apapun dapat anda sulap menjadi kanopi organik. Istilah tersebut merujuk kepada atap yang nampak terbuat dari tanaman karena dipadati oleh sulur, padahal sesungguhnya terbuat dari galvalum atau kayu biasa. Hal ini cukup mudah dilakukan asalkan terdapat media tanam yang mendukung bagi tanaman tersebut untuk tumbuh subur.

Namun, ada juga jenis kanopi yang dibuat khusus untuk kepentingan tersebut. Bentuk nya menjadi semacam kerangka-kerangka dan kelak akan menjadi media rambatan bagi tanaman. Ragam jenis tanaman yang baik digunakan diantaranya yakni, anggur, honeysuckle, bunga terompet, butterfly pea, mawar menjalar, begonia, dan lain sejenisnya.

Konsep ini sangat cocok bagi para penyuka tanaman. Model halaman rumah minimalis akan nampak menjadi seperti gerbang istana tuan putri dengan bunga-bunga yang menggantung penuh dan rindang. Apalagi jika dipadukan dengan taman mini, tampilan ini akan kian menarik.

  1. Kanopi ramah lingkungan

Pixabay.com

Pernah mendengar istilah kanopi go green?

Istilah tersebut digunakan untuk menyebut atap kanopi yang terbuat dari plastik baja nonasbestos. Material ini dapat didaur ulang setelah digunakan sehingga dianggap sangat ramah lingkungan.

Bukan hanya itu saja, nonasbestos juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya daya UV protection yang tinggi. Unsur ini membuat suasana di bawah kanopi menjadi lebih sejuk. Beratnya cukup ringan sehingga sangat memudahkan distribusi, pemasangan, hingga perbaikan apabila terjadi kerusakan. Nonabestos juga tahan korosi maupun karat sehingga dijamin awet, dan yang terpenting aman bagi seluruh anggota keluarga. Menghindari efek abestos yang kurang sehat bagi tubuh.

Kanopi sangat cocok digunakan untuk halaman depan rumah, garasi, hingga carport. Atap tiruan ini menjadi sangat cocok dijadikan solusi alternatif dalam membangun atap ruang tambahan yang tidak terlalu besar. Kebanyakan kanopi memang diadopsi bagi bangunan-bangunan minimalis sebab ia dirasa sempurna melengkapi desain interior ataupun eksterior bangunan model tersebut. Namun begitu, kanopi tetap tersedia dalam berbagai ukuran sehingga tetap memungkinkan digunakan oleh siapa saja.

Demikian penjelasan singkat mengenai 5 varian kanopi yang cocok bagi halaman depan rumah minimalis. Semoga bermanfaat.

Posted in <a href="https://encompinc.com/category/home-decor/" rel="category tag">Home Decor</a>Tags: <a href="https://encompinc.com/tag/rumah/" rel="tag">Rumah</a>