Ketika hamil, anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhi asupan nutrisi anda dan juga si kecil dalam perut. Salah satu nutrisi penting dalam tubuh, bisa didapatkan dari berbagai buah-buahan. Namun tidak semua buah baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Lantas, bolehkah ibu hamil makan buah manggis dan apakah manfaat buah tersebut?

Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil

1.Kaya Akan Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Ternyata kandungan ini banyak terdapat pada buah manggis. Adanya asam folat dapat membantu mengurangi resiko cacat otak dan juga kelainan tulang belakang pada bayi yang dikandung. Kekurangan zat ini juga dapat berpengaruh pada kelainan jantung. Usahakan untuk mengkonsumsi asam folat dari makanan alami.

  1. Mencegah Sembelit

Gejala sembelit merupakan salah satu gejala umum yang paling banyak terjadi di masa kehamilan. Salah satu nutrisi yang dapat mengurangi sembelit, adalah dengan konsumsi banyak serat. Anda dapat menemukan kandungan serat yang tinggi pada buah manggis. Sehingga ketika gejala sembelit mulai muncul, anda dapat disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis.

Buah manggis sarat akan kandungan serat yang berguna untuk membantu sistem pencernaan bagi tubuh. Dari 50 gram buah manggis yang dikonsumsi, terkandung sekitar 3,7 gram serat yang baik bagi tubuh. Sedangkan kebutuhan serat harian ibu hamil adalah sekitar 26 gram. Jadi, anda dapat mengkonsumsi sekitar 1 buah manggis utuh untuk memenuhi kebutuhan serat.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika hamil biasanya tubuh akan menjadi sering lemas. Selain merasa lemas, imun yang ada dalam tubuh akan melemah dan menjadi lebih sensitif. Adapun cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti manggis. Pasalnya, pada 50 gram daging buah manggis, terdapat 5,8 miligram vitamin C.

Sistem kekebalan tubuh yang melemah, juga dapat menyebabkan tubuh anda menjadi lebih cepat lelah, apalagi pada saat kondisi sedang hamil. Selain itu, kandungan vitamin C dalam manggis juga bermanfaat sebagai anti inflamasi. Senyawa kimia ini sangat baik bagi ibu hamil yang sering merasa mudah lelah terutama di bagian panggul dan juga sekujur kaki yang membengkak.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pada saat hamil, anda akan merasakan banyak keluhan yang terjadi pada tubuh. Ketika berkonsultasi ke dokter tentang bolehkah ibu hamil makan buah manggis, maka dokter akan menganjurkannya. Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tubuh ibu hamil memang lebih rentan terkena penyakit dan mengalami berbagai macam keluhan yang dirasakan. Untuk mengatasinya, anda dapat memakan makanan sehat seperti buah-buahan yang baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil. Dengan konsumsi buah manggis anda dapat merasakan berbagai manfaat kesehatan yang dihasilkan dari buah manggis.

Categories: Uncategorized