Apakah Anda sering buang air kecil, sakit ketika buang air kecil, atau urine yang keluar sangat sedikit, bahkan tidak ada sama sekali? Jika iya, waspadalah karena bisa jadi, itu merupakan pertanda adanya penyakit batu ginjal. Sebelum telanjur parah kondisinya, Anda bisa coba atasi dengan obat herbal batu ginjal berikut ini.

Table of Contents

Apa Itu Penyakit Batu Ginjal?

Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar nama penyakit ini. Namun, apakah Anda sudah tahu persis apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit batu ginjal dan dari mana asal “batu” tersebut?

Penyakit batu ginjal atau (nefrolitiasis) adalah terbentuknya materi keras yang berasal dari mineral yang terdapat di dalam ginjal sehingga membentuk seperti batu. Selain itu, batu ginjal juga bisa terbentuk dari limbah yang ada di dalam darah, yang kemudian mengkristal dan menumpuk di ginjal. Jika tidak ditangani, ukuran batu ginjal lama-kelamaan akan makin keras dan besar.

Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal memiliki gejala tertentu yang menimbulkan ketidaknyamanan. Sayangnya, gejala in biasanya dirasakan oleh penderita ketika ukuran batu ginjalnya sudah cukup besar. Adapun ciri-ciri atau gejala penyakit batu ginjal adalah sebagai berikut.

  • Sakit pinggang, punggung, dan perut: pada tingkat yang parah, rasanya seperti ditusuk benda tajam atau seperti akan melahirkan dan biasanya disebabkan pergerakan batu ginjal ke ureter sehingga terjadi penyumbatan dan tekanan pada ginjal.
  • Sakit dan panas ketika buang air kecil: karena mirip, terkadang dianggap sebagai gejala penyakit infeksi saluran kencing.
  • Sering buang air kecil: dirasakan meskipun tidak sedang banyak minum, dan merupakan pertanda batu ginjal sedang bergerak ke bawah ke arah saluran kencing.
  • Uring mengandung darah (hematuria): darah berwarna merah, merah muda, ataupun cokelat, bahkan kadang tidak terlihat dengan mata biasa.
  • Urine berwarna keruh dan berbau: disebabkan adanya nanah pada urine dan merupakan pertanda adanya infeksi pada ginjal atau saluran kemih.
  • Kencing sedikit (anyang-anyangan): terjadi akibat batu ginjal tersangkut di ureter sehingga terjadi penyumbatan aliran air kencing.
  • Mual dan muntah: merupakan respons tubuh terhadap rasa nyeri yang sangat hebat.
  • Demam: menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami infeksi, dalam hal ini organ ginjal, dan biasanya terjadi akibat adanya komplikasi serius dari penyakit batu ginjalnya.

5 Macam Obat Herbal Batu Ginjal yang Aman

Jika ukurannya masih cukup kecil, biasanya batu ginjal bisa dibuang lewat urine. Untuk mengatasinya pun tidak diperlukan obat-obatan kimia maupun tindakan medis, seperti operasi. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan 5 ramuan alami berikut ini.

  1. Kumis Kucing

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman kumis kucing mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang. Kumis kucing juga dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian untuk membuktikan efektivitas kumis kucing dalam mengatasi batu ginjal.

  1. Air Lemon

Siapa yang tak kenal buah berwarna kuning cerah ini. Air lemon yang rasanya sangat asam ternyata berkhasiat untuk mengasi penyakit batu ginjal. Lemon akan membantu ginjal untuk menghasilkan urine lebih banyak dan mencegah terjadinya pengendapan mineral, yang artinya mencegah batu ginjal makin membesar.

  1. Ekstrak Tanjung

Berdasarkan penelitian terhadap tikus, ekstrak tanaman tanjung terbukti mampu menurunkan proses pembentukan batu ginjal dengan cara menurunkan kadar kreatinin, asam urat, dan ureum dalam darah.

  1. Meniran Hijau

Senyawa yang terdapat di dalam meniran hijau dipercaya memiliki 3 fungsi penting, yaitu:

  • dapat mencegah pembentukan batu endapan;
  • menghambat pertumbuhan batu endapan; dan
  • menjaga supaya kristal tetap terurai di dalam urine.
  1. Buah Delima

Sebagai obat herbal batu ginjal, buah delima akan membantu kerja ginjal dengan membantu proses pembuangan mineral dan garam yang berlebih serta mencegah pengendapan urea, kalsium dan asam urat. Selain itu, zat aktif dalam buah delima juga dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri saat buang air kecil akibat adanya batu ginjal.

Bahan-bahan alami dan obat herbal yang dijual di beberapa agen herbal memang dapat membantu mengatasi batu ginjal yang masih berukuran kecil. Akan tetapi, jika ukurannya sudah cukup besar dan muncul gejala-gejala yang sangat mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter urolog. Pasalnya, jika dibiarkan, hal itu akan menyebabkan komplikasi dan kerusakan ginjal secara permanen.

Categories: Kesehatan