Setiap berkunjung ke Jawa Timur, selain berwisata Anda harus membeli oleh-oleh. Ada berbagai macam rekomendasi makanan yang enak dan menggugah selera. Pokoknya wajib dicoba deh. Bagi yang jauh bisa membelinya di toko online dengan menggunakan ekspedisi Surabaya.

Table of Contents

Makanan Jawa Timur

Jawa timur mempunyai berbagai jenis makanan yang mempunyai cita rasa enak dan juga sedap. Selain itu, rasanya sangat unik dan enak yang tidak bisa ditemukan dari kota-kota yang lainnya di seluruh Indonesia.

Contoh Oleh-Oleh Khas dari Jawa Timur yang Enak

Jika berbicara mengenai kuliner Jawa Timur, pastinya akan bermunculan berbagai macam jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Tidak hanya itu saja, semua makanan yang yang ada mempunyai rasa yang cukup enak. Berikut ini adalah beberapa jenis oleh-oleh khas dari kota Jawa Timur,yaitu:

  1. Brem

Brem adalah sebuah makanan yang berasal dari daerah Madiun. Makanan satu ini terbuat dari bahan tape ketan yang diambil sarinya. Bahan ini difermentasikan beberapa hari kemudian dikeringkan. Makanan ini mempunyai rasa asam dan juga manis pada saat digigit. Makanan ini sangat lumer di mulut dan perlu dicoba.

  1. Tahu takwa

Tahu takwa adalah makanan yang berasal dari kota Kediri. Tahu ini berbeda dengan yang lainnya di mana mempunyai bentuk yang cukup padat, kenyal dan mempunyai warna kuning. Warna ini diperoleh dari campuran bumbu kunyit. Untuk menikmati sajian tahu takwa ini biasanya enak dimakan dengan sambal kecap atau menggunakan  cabai rawit.  Terlihat menggiurkan, bukan?

  1. Stick tahu

Selain tahu takwa, ada juga stick tahu. Ini makanan yang masih khas dari Kediri. Stick thu ini terbuat dari bahan tahu yang dipotong dengan bentuk memanjang setelah itu diberikan bumbu dan digoreng sampai garing. Maka tidak bisa dipungkiri rasanya sangat renyah dan empuh. Pokoknya harus dicoba.

  1. Gethuk Pisang

Masih di area kota Kediri Jawa Timur, Anda bisa menikmati jajanan Gethuk Pisang. Seperti namanya, makanan satu ini terbuat dari bahan dasar buah pisang. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan merebus dan menghancurkan pisang setelah itu barulah diberikan bumbu gula dan juga garam.

Setelah dicampur, barulah dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dibentuk seperti lontong. Makanan satu ini bisa dikukus selama 30 menit dan kemudian siap untuk dihidangkan. Makanan satu ini mempunyai rasa manis bercampur asam.

  1. Keripik buah

Jika jalan-jalan ke Malang, jangan lupa untuk membeli jajanan khas kota Malang yaitu keripik buah. Ada banyak pilihan keripik yang bisa dipilih mulai dari apel, mangga, melon dan buah lainnya. Meskipun sudah diolah menjadi keripik, rasa buahnya masih sangat terasa. Anda bisa menemukannya di berbagai toko oleh-oleh di seluruh kota Malang.

  1. Kerupuk Upil

Kerupuk upil adalah makanan terkenal di Jawa Timur. Kerupuk ini cara pengolahannya tidak dengan digoreng dengan menggunakan minyak, namun digoreng menggunakan pasir. Pasir yang digunakan untuk menggoreng merupakan pasir yang kasar.

Untuk menggorenganya, pasir harus di cuci, dijemur kemudian setelah kering dipanaskan di atas wajan yang sudah panas. Barulah bisa digunakan untuk menggoreng kerupuk upill. Semakin enak rasanya, makanan satu ini bisa dicocol dengan menggunakan sambal pecil atau peti. Makanan ini biasanya digunakan sebagai pelengkap nasi pecel dan juga rujak sayur.

  1. Ledre

Makanan khas dari Jawa Timur adalah Ledre. Ledre adalah makanan yang berasal dari kota Bojonegoro. Makanan ini mempunyai bentuk seperti gulungan panjang. Kalau dilihat sekilas seperti kue semprong. Bahan dasar yang digunakan adalah tepung beras, pisang raja, telur, santan dan juga gula.  Rasanya sangat super renyah.

  1. Onde-onde

Onde-onde adalah sebuah makanan yang berasal dari Mojokerto. Makanan ini terbuat dari bahan kacang hijau. Selain itu, ini juga terdiri dari berbagai macam rasa mulai dari coklat, durian, keju, coklat dan lainnya.  Pastinya Anda wajib mencicipinya.

Categories: Pengetahuan