Pemasanan global menjadi suatu ancaman yang serius jika tidak ditindaklanjuti dengan segera. Yuk, kenali apa itu pengertian pemanasan global dan dampak yang ditimbulkannya berikut ini.

Sebagian dari Anda mungkin telah memahami apa itu pemasanan global beserta dampak yang bisa ditimbulkan dari fenomena tersebut. Namun, untuk Anda yang belum memahami bisa menyimak penjelasan berikut ini terkait dengan pengertian pemanasan global beserta dampaknya.

Apa Itu Pemanasan Global?

Secara singkat pemanasan global merupakan suatu fenomena meningkatnya suhu rata-rata bumi secara ekstrem. Penyebab utama dari pemanasan global ini adalah efek rumah kaca, CFC yang berlebihan, peningkatan polusi udara, dan lain sebagainya.

Dampak Pemanasan Global yang Mengejutkan

Sesuai dengan pengertian pemanasan global sebelumnya, jika dibiarkan terlalu lama tentu akan membawa dampak yang mengerikan. Berikut penjabaran tiap poinnya untuk dipahami bersama.

1.     Iklim yang Tidak Stabil

Hal pertama yang terjadi dari pemanasan global adalah iklim yang tidak stabil. Beberapa daerah yang semula hanya mengalami dua musim bisa saja merasakan adanya salju ringan di wilayahnya tersebut.

2.     Dampak Sosial dan Politik

Iklim yang tidak stabil membawa pengaruh pada munculnya penyakit menular. Hal ini jika dibiarkan dapat mempengaruhi keseimbangan kondisi sosial dan politik suatu negara.

3.     Suhu Global yang Mulai Meningkat

Intensitas curah hujan di beberapa daerah akan meningkat, sehingga dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi penduduk sehari-hari.

4.     Gangguan Ekologis

Tak hanya manusia, tumbuhan pun akan mengalami perubahan pertumbuhan akibat ketidakstabilan iklim dan suhu yang ada di bumi. Begitupun dengan hewan, mereka akan mulai bermigrasi ke daerah pegunungan atau kutub.

5.     Meningkatnya Permukaan Air Laut

Hal yang mulai bisa terlihat nyata adalah meningkatnya permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub.

 

Nah itu dia penjelasan terkait dengan pengertian pemanasan global beserta dampak yang ditimbulkan. Kenali penyebab pemanasan global untuk mencegah hal-hal yang serius di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Categories: Pengetahuan