Ada beberapa Penyebab perut kembung pada orang dewasa hingga anak-anak. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa melakukan gerakan antisipasi sehingga tidak akan mengalaminya kembali.

Perut kembung merupakan suatu kondisi dimana perut terisi oleh angin sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Beberapa kasus kecil, masalah ini disebabkan oleh bakteri yang tertelan masuk dalam tubuh melalui makanan yang tidak higienis.

Langsung saja berikut ini merupakan beberapa penyebab perut kembung:

  1. Menelan udara ketika makan

ketika makan, seseorang terkadang terlalu asyik bercerita dengan teman-teman nya sehingga tidak sadar terlalu banyak menelan udara masuk ke dalam tenggorokan bersama makanan yang ditelan. Hal ini akhirnya menyebabkan udara tersebut memenuhi perut dan terjadilah kondisi perut kembung.

Oleh karenanya, ahli kesehatan sangat menyarankan untuk tidak makan sambil berbicara. Usahakan makan dengan tenang, tidak terlalu lambat atau terlampau cepat. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka hilangkan tradisi tersebut sedikit demi sedikit.

  1. Makan terlalu cepat

Selain menghindari makan sambil berbicara, usahakan tidak makan terlalu cepat. Hal ini akan membuat usus menerima beban lebih berat sehingga pencernaan tidak dapat berjalan dengan normal.

  1. Faktor hormon pada fase Pra Menstruasi Syndrom (PMS)

Fase PMS memberikan berbagai macam jenis dampak bagi si wanita, mulai dari mood yang terganggu, lebih emosional, nyeri perut, seluruh badan terasa sakit, hingga perut kembung. Jika demikian, maka ada baiknya selalu menyiapkan obat nya di kotak P3K agar mudah digunakan ketika periode nya tiba. Hal ini mengingat bahwa periode PMS akan terjadi setiap bulan.

  1. Terlalu banyak minum soda

Konsumsi soda dan alkohol terbukti meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami perut kembung, terutama jika dikomsumsi sering. Banyak penelitian sudah mengungkapkan bahwa kedua jenis minuman tersebut tidak sehat untuk dikonsumsi tubuh, bahkan secara menyeluruh.

Demikian beberapa poin penjelasan mengenai Penyebab perut kembung yang perlu anda ketahui. Tentunya berbagai sebab tersebut harus dihindari agar masalah perut kembung tidak terjadi, baik kepada diri sendiri maupun keluarga terdekat.

Categories: Uncategorized