Selai atau selei merupakan salah satu bentuk cara pengawetan makanan, umumnya berupa buah-buahan dengan cara ditumbuk atau diambil sarinya yang kemudian ditambah gula dan dimasak hingga mengental atau berbentuk setengah padat. Walaupun umumnya selai terbuat dari buah-buahan, namun ada juga selai yang terbentuk dari bahan lain salah satunya adalah kacang-kacangan.

Selai kacang adalah salah satu produk olahan yang terbuat dari kacang sebagai bahan utamanya. Selai yang terbuat dari kacang mengandung nutrisi yang cukup lengkap mulai dari kalori, lemak, karbohidrat, protein, kalium, natrium, dan berbagai vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi yang lengkap membuat olahan kacang yang satu ini termasuk menu sehat yang terkadang digunakan dalam suatu menu diet.

Selai kacang selain dapat dibeli dalam bentuk jadi juga dapat dibuat sendiri di rumah. Cara membuat makanan olahan kacang yang satu ini sangat mudah. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat selai adalah siapkan bahannya terlebih dahulu. Karena selai yang akan dibuat berbahan dasar kacang tentunya bahan yang dibutuhkan adalah kacang, garam, gula pasir dan minyak sayur.

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda tinggal mengolahnya menjadi selai. Apabila ingin selai yang dihasilkan lebih sehat, Anda dapat mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun maupun mengganti gula dengan madu.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengolah kacang menjadi selai adalah menggoreng kacang terlebih dahulu. Selain digoreng, Anda juga bisa memanggang kacang sebagai alternatif sehingga tidak menggunakan terlalu banyak minyak dan lebih rendah kalori. Pastikan bahwa kacang yang digunakan untuk membuat selai adalah kacang yang telah dikupas dan bersih dari kulit arinya.

Setelah kacang matang, masukkan ke dalam food processor atau blender bersama dengan bahan lainnya seperti gula pasir, minyak dan garam hingga menjadi halus dan tercampur rata.

Apabila blender yang digunakan tersendat, Anda dapat mematikan blender sesaat kemudian dinyalakan kembali hingga tekstur selai sesuai dengan yang diharapkan. Setelah selesai, masukkan selai ke dalam toples kaca.

Categories: Uncategorized