Indera manusia terdapat lima jenis, yaitu penglihatan, pengecap, pendengaran, penciuman, dan sentuhan. Kelimanya memiliki fungsi yang berbeda beda, tetapi dengan fungsinya yang normal dapat mendukung anda untuk beraktivitas secara maksimal. Jika penglihatan anda terganggu, maka banyak kegiatan anda yang tidak bisa berjalan dengan lancar, seperti kornea mata yang terserang penyakit tertentu. Yuk intip ulasan mengenai penyakit yang menyerang mata di sini!

Beberapa Penyakit Menyerang Kornea Manusia yang Kamu Wajib Tahu

  1. Keratitis

Penyakit satu ini adalah peradangan akibat reaksi alergi, infeksi, atau cedera pada kornea. Ciri yang tampak dan dapat anda deteksi, yaitu mata merah, berair, penglihatan buram, dan terlalu sensitif terhadap cahaya. Keratitis memiliki cara pengobatan yang berbeda beda, bergantung pada tingkat keparahannya. Secara garis besar, dokter akan memberi obat yang berfungsi untuk meredakan gejalanya. Jika parah, dokter akan memberi obat antibiotik, anti jamur, dan anti virus untuk anda.

  1. Herpes Simpleks pada Mata

Pernahkah anda mendengar virus herpes simpleks I? Saat ini virus HSV I mampu menyerang kornea mata dengan efek peradangan para mata, sehingga membuat penglihatan anda jadi terganggu. Penderitanya menjadi sangat tidak nyaman karena peradangan menyebabkan mata menjadi tidak dapat melihat dengan leluasa. Dokter akan memberikan obat anti virus atau obat tetes mata yang berfungsi untuk mencegah peradangan kornea semakin parah atau meluas.

  1. Herpes Zoster pada Mata

Virus ini biasanya menyerang orang yang mengakibatkan cacar air yang diderita sebagian besar orang di dunia. Akan tetapi, virus ini dapat berdiam di saraf tulang belakang meskipun telah pulih dari cacar air. Kondisi tubuh tertentu dapat mengaktifkan virus ini, lalu menjalar sampai ke mata dan menyebabkan kornea anda meradang. Dokter biasanya akan memberi obat untuk mengatasi peradangannya, meskipun luka dari herpes zoster ini dapat hilang dengan alami.

  1. Penyakit Kornea Hingga Gangguan Berkelanjutan

Beberapa penyakit lain yang dapat menyerang kornea mata manusia, yaitu degenerasi kornea atau yang populer dengan penurunan fungsi kornea. Kedua keratokonus yang dapat ditandai dengan penipisan kornea dan ketiga distrofi kornea yang membuat struktur kornea berubah. Hal ini biasanya berkaitan dengan faktor penuaan pada manusia, sehingga dapat berujung pada penyakit kornea yang dapat menyebabkan gangguan mata berkelanjutan yang menghambat kegiatan anda.

Mata menjadi tonggak penting manusia dalam beraktivitas, sehingga sangat penting menjaga kesehatan mata. Dengan begitu, anda dapat merawatnya dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin A. Selain itu, perawatan mata juga dapat dilakukan agar tidak terjadi faktor penuaan dini yang dapat berujung pada gangguan mata berkelanjutan. Virus herpes simpleks dan herpes zoster ini pun dapat diatasi dengan cara selalu menjaga kebersihan dan kondisi tubuh selalu fit.

Categories: Uncategorized