Tips Beli Motor Ninja R Bekas Paling Jitu yang Layak Dicoba

Motor Kawasaki Ninja sebenarnya bukanlah kendaraan baru di pasaran bahkan bisa dikatakan sudah cukup tua umurnya. Namun nyatanya motor berbadan besar tersebut masih memiliki cukup banyak penggemar hingga saat ini. Bukan itu saja, saking banyaknya penggemar motor tersebut hingga kita bisa dengan mudah menemukan komunitasnya di berbagai tempat.

Motor keluaran lawas dari Kawasaki tersebut meskipun mempergunakan jenis mesin 2 tak tapi dianggap sukses dalam meraih penggemar. Desain bodi motor yang sporty dan gagah memang menjadi daya tarik dari kendaraan tersebut. Bukanlah sesuatu yang mengherankan jika kemudian banyak anak muda penyuka motor atau biker yang menggunakannya.

Pada masanya dulu saat motor tersebut baru saja dipasarkan harganya memang termasuk mahal. Namun jangan kuatir karena Anda bisa membeli Kawasaki Ninja bekas atau seken. Saat ini cukup mudah untuk menemukan motor Ninja bekas dengan harga yang bersahabat dan terjangkau. Hanya saja tentunya Anda harus berhati-hati agar tidak salah pilih barang abal-abal.

Ikuti tips memilih motor Kawasaki Ninja R bekas yang masih bagus sebagaimana yang dituliskan dalam  vulcan manual user guide berikut ini.

Tips Memilih Kawasaki Ninja Bekas yang Bagus

Cek Pada Bagian Pompa Oli Samping

Saat akan membeli motor Kawasaki Ninja R bekas atau seken langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengecek pompa oli samping. Mengapa pengecekan pada pompa oli samping motor menjadi hal yang penting untuk dilakukan? Alasannya adalah jika terjadi kemacetan pada pompa tersebut maka kerjanya akan menjadi tidak maksimal.

Akibat yang ditimbulkan dari macetnya pompa oli samping tersebut yaitu sulitnya kita saat akan menyalakan mesin. Hal yang terjadi adalah mesin seperti menjerit meminta oli agar bisa kembali lancar. Itu disebabkan oleh tidak adanya pasokan oli samping karena kemacetan pada pompanya.

Periksa Bagian Mesin

Langkah selanjutnya adalah mengecek pada bagian mesinnya apakah masih bisa berfungsi secara normal atau ada gangguan. Seperti kita ketahui bersama bahwa mesin menjadi bagian terpenting dari kendaraan karena itulah harus dipastikan dalam kondisi prima. Adanya gangguan atau masalah pada mesin hanya akan merepotkan Anda saja karena harus melakukan servis nantinya.

Saat memeriksa kondisi mesin jangan lupa untuk memperhatikan dan mendengarkan bagaimana suara yang dikeluarkan. Memang benar suara dari motor Ninja cukup kasar tapi masih dalam batas yang wajar. Namun jika Anda merasakan mendengar suara yang sangat kasar dari mesin kemungkinan ada suku cadang yang rusak dan harus diganti.

Cek Keaslian Karburator

Hal yang tidak kalah pentingnya saat akan membeli motor Ninja R bekas yaitu karburatornya. Cek apakah karburator motor masih asli bawaan dari Kawasaki atau sudah diganti. Sebaiknya pilihlah motor seken yang masih menggunakan karburator original dari Kawasaki agar setelannya tidak berubah.

Periksa Bagian Radiator

Terakhir jangan lupa untuk memeriksa dan melihat radiator Kawasaki Ninja bekas yang akan dibeli tersebut. Cek apakah semua bagian dari radiator seperti kisi-kisi ada kebocoran atau tidak. Periksa juga selang-selangnya apakah masih bagus atau sudah aus.

Selain memeriksa bagian-bagian penting dari motor Kawasaki Ninja bekas yang akan dibeli sebaiknya Anda tahu apa saja masalah yang biasa timbul. Mengetahui masalah atau gangguan yang biasa terjadi pada motor tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan perbaikan dan antisipasi.

Inilah beberapa hal yang biasa menjadi masalah pada Kawasaki Ninja R bekas.

Masalah yang Biasa Terjadi Pada Motor Ninja

Mesin Mudah Panas atau Overhead

Perlu Anda ketahui bahwa motor gahar dengan performa bagus tersebut memiliki kelemahan yaitu mesin yang cepat panas atau overheat. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Suhu pada mesin yang cepat memanas tersebut disebabkan oleh tidak idealnya sirkulasi pendingin dari radiator.

Suhu yang cepat panas juga bisa disebabkan oleh pasokan oli samping dan bensin yang tidak lancar. Namun jangan kuatir karena sebenarnya masalah ini bisa ditangani dengan mudah. Cara penanganannya yaitu :

  • Cek kondisi air pada radiator, segera ganti jika sudah jelek dan pilihlah coolant yang bagus kualitasnya.
  • Jangan pergunakan air biasa untuk isi radiator untuk mencegah terjadinya karat.
  • Periksa pada jalur oli samping.

Gas yang Nyangkut

Mungkin terkadang Anda akan merasakan gas yang seperti nyangkut saat mengendarai motor Ninja ini. Hal itu disebabkan oleh gas yang selalu terbuka sementara bagian tuasnya tertutup. Masalah ini pada umumnya terjadi pada musim hujan atau udara yang dingin. Solusinya adalah gantilah skep motor dengan bahan stainless.

Posted in <a href="https://encompinc.com/category/automotif/" rel="category tag">Automotif</a>