Kangkung merupakan salah satu sayuran yang cukup banyak diminati. Selain mudah dimasak, kangkung juga memiliki citarasa yang enak. Kangkung merupakan jenis sayuran yang mudah ditanam dan dibudidayakan sehingga Anda pun juga bisa menambahkan kangkung ke daftar tanaman diperkebunan Anda. Iya bagi Anda yang hobi menanam, tentunya menanam kangkung merupakan hal yang cukup menarik untuk mengisi aktifitas Anda. Selain itu dengan memiliki tanaman kangkung, Anda juga dapat menghemat pengeluaran belanja sayur-sayuran.

Kangkung merupakan tumbuhan yang sebenarnya tidak sulit untuk ditanam, bahkan bagi Anda yang masih pemula pun, Anda bisa dengan mudah menanamnya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara tanam kangkung untuk Anda yang masih pemula:

  1. Siapkan benih kangkung

Langkah pertama, Anda dapat menyiapkan benih kangkung yang bagus sehingga hasil tanaman Anda juga akan bagus. Dalam hal ini terdapat dua cara pembibitan yang dapat dipilih yakni dengan biji atau generatif, dan juga dengan teknik stek atau disebut vegetatif.

  1. Siapkan lahan

Siapkan lahan untuk menanam dan pastikan media tanam terbebas dari gulma dan rumput-rumput liar. Gemburkan tanah, dan buat gundukan tanah dengan lebar sekitar 1 meter dan panjangnya dapat disesuaikan yakni jarak 40 cm dengan bedengan.

  1. Beri pupuk

Setelah tanah diolah, Anda dapat memberi pupuk secukupnya, kemudian ratakan, dan biarkan selama 3 sampai dengan 5 hari. Anda dapat menambahkan kapur dolomit untuk menetralkan pH jika tanah memiliki kandungan asam yang tinggi.

  1. Proses menanam

Selanjutnya adalah tahap menanam. Langkah-langkahnya yaitu silahkan buat lubang tanam pada bedengan dengan kedalaman sekitar 5 cm dan jarak antar lubang yakni 15 – 20 cm. Kemudian masukkan 3 hingga 5 biji benih kangkung pada setiap lubangnya. Tutup dengan tanah tipis yang telah dicampur dengan pupuk NPK dan juga pupuk kandang. Anda dapat menanam dengan teknik garitan atau zig-zag. Anda dapat menanam pada musim penghujan yakni bulan November atau Desember.

  1. Proses penyulaman dan perawatan kangkung

Lakukan juga penyulaman saat menanam kangkung. Ganti tanaman yang tidak tumbuh dengan sempurna. Lakukan juga perawatan dengan cara bersihkan dari gulma dan tanaman liar, beri pupuk, dan perawatan lain hingga proses panen tiba.

Categories: Uncategorized