Anak yang masih dalam masa pertumbuhan memang rentan terhadap penyakit. Sebagai orang tua seharusnya selalu memperhatikan kondisi kesehatan tubuhnya. Pastinya orang tua berkeinginan anaknya selalu dalam kondisi sehat. Namun apa jadinya jika sang anak seringkali mengalami panas. Hal ini bisa membuat orang tua semakin khawatir dengan kondisi tubuhnya. Tak bisa dipungkiri lagi jika sistem imunitas tubuh anak belum bekerja secara optimal. Jadi panas pun bisa saja sering terjadi padanya.

Kini sebagai orang tua seharusnya mengerti apa saja penyebab anak sering panas. Jika panas terlalu sering nantinya bisa muncul beberapa penyakit tertentu. Inilah mengapa orang tua harus selalu waspada dengan kondisi kesehatan anak. Kini anda bisa mengerti beberapa penyebab yang menjadikan anak sering mengalami panas. Di antaranya:

  1. Kondisi abses gigi

Jika abses gigi anak alami infeksi tentunya bisa memicu panas berulang. Apalagi jika dipicu dengan adanya retakan ataupun lubang pada gigi. Sudah seharusnya anak merawat giginya dengan baik. Sehingga tidak menyebabkan panas pada tubuhnya jika kondisi gigi sehat.

  1. Adanya sindrom demam periodik

Biasanya sindrom ini adalah sindrom genetik yang bisa memicu demam berulang kali tanpa adanya penyebab demam yang lain. Tentu saja sindrom tersebut sangatlah berpengaruh dalam kurun waktu sekitar dua minggu sekali.

  1. Terjadinya infeksi

Biasanya kondisi umum yang sering terjadi saat mengalami peningkatan pada suhu tubuh adalah  terjadinya infeksi. Supaya mampu mengatasi panas yang sering muncul sebaiknya segera periksa ke dokter.

  1. Daya tahan tubuh semakin menurun

Seringkali anak mengalami demam karena daya tahan tubuhnya sedang menurun. Penurunan yang terjadi pada daya tahan tubuh ini menimbulkan beragam infeksi entah bakteri maupun virus. Hingga akhirnya anak kurang nutrisinya bahkan sering mengalami kelelahan.

  1. Kondisi malnutrisi anak

Penyebab anak sering panas ternyata juga terjadi karena kondisi malntrisi anak. Dimana kondisi seperti ini sedang kekurangan nutrisi yang bisa membuat tubuh anak sering panas. Usahakan mengkonsumsi jenis makanan yang mampu mempertahankan daya tahan tubuhnya. Jadi anak pun nantinya tidak bakalan mudah sakit.

Setelah mengerti berbagai macam penyebabnya, tentu saja orang tua semakin waspada dengan kondisi kesehatan anaknya. Jaga selalu kondisinya dengan terus memberikan asupan nutrisi seimbang. Jangan sampai kebutuhan nutrisinya kurang hingga daya tahan tubuhnya pun semakin melemah.

 

Categories: Uncategorized