Penyakit cacingan sering kali menyerang pada anak anak. Dimana penyakit ini terjadi akibat adanya telur atau larva cacing yang masuk pada tubuh melalui mulut atau pori pori kulit. Namun tidak perlu cemas, kini sudah banyak obat cacing untuk anak yang dijual dengan bebas. Namun ada baiknya orangtua perlu tahu jenis obat cacing anak yang aman dikonsumsi. Berikut rekomendasi 5 obat untuk cacing yang aman dikonsumsi oleh anak anak.

5 Rekomendasi Obat Cacingan yang Aman Dikonsumsi Anak anak

  1. Levamisole

Levamisole menjadi salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi adanya infeksi cacing pada anak. Beberapa jenis cacing seperti cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing kremi sangat efektif bisa diobati dengan menggunakan obat ini. Namun levamisole kurang efektif jika digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing tambang.

  1. Mebendazole

Obat yang direkomendasikan ampuh atasi cacing dan aman dikonsumsi oleh anak selanjutnya bernama mebendazole. Beberapa jenis cacing yang bisa diatasi dengan obat ini diantaranya ada cacing cambuk, cacing tambang, dan juga cacing gelang. Meskipun obat cacing anak ini aman dikonsumsi, namun sangat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak yang usianya di bawah dua tahun.

  1. Pirantel

Obat satu ini biasanya akan efektif untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang dan cacing kremi. Namun pemberian obat ini tidak boleh sembarangan. Pasalnya pirantel tidak dianjurkan diberikan kepada anak yang memiliki gangguan hati atau memiliki alergi terhadap pirantel. Selain untuk anak, obat ini juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui dan anak berusia di bawah 2 tahun. Kecuali telah mendapatkan anjuran dari dokter.

  1. Ivermectin

Ivermectin merupakan salah satu obat yang bisa digunakan untuk membasmi cacing yang ada di saluran pencernaan anak, contohnya seperti cacing gelang. Namun obat ini tidak hanya untuk mengobati cacingan saja, ivermectin juga bisa digunakan untuk membasmi kutu dan juga mengobati penyakit kulit sejenis kurap.

  1. Albendazole

Rekomendasi obat cacing anak yang aman di konsumsi selanjutnya ada albendazole. Obat satu ini efektif untuk membasmi cacing pita dalam pencernaan. Namun ada baiknya obat ini tidak diberikan kepada anak yang memiliki alergi terhadap albendazole. Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat satu ini.

Itulah 5 rekomendasi obat cacingan yang aman jika dikonsumsi oleh anak. perlu orangtua ketahui, tidak semua obat cocok dengan anak yang memiliki alergi tertentu terhadap obat. Jangan lupa, saat memberikan obat kepada si kecil pastikan telah membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Selain dengan mengkonsumsi obat cacingan, infeksi cacing juga bisa dicegah degan cara menjaga kebersihan rumah dan juga lingkungan sekitar si kecil.

Categories: Uncategorized