Masyarakat semakin memahami bahwa perawatan untuk kulit wajah perlu dilakukan. Bukan hanya demi menunjang penampilan semata, namun juga berpengaruh pada tingkat kesehatan kulit dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun perawatan yang dimaksudkan disini bukanlah berkunjung ke klinik kecantikan, melainkan hanya memanfaatkan bahan alami. Berikut sederet bahan perawatan wajah alami untuk kulit sehat nan mulus.

Table of Contents

Beberapa Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Wajah

Pixabay.com

  1. Madu

Kaya akan khasiat dan baik bagi tubuh, bahkan sejak dahulu popularitas madu seakan tidak pernah turun. Selain dikonsumsi secara langsung, anda juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan kulit secara alami. Manfaat yang didapatkan pun cukup beragam seperti melembabkan, menyembuhkan luka, mampu melawan alergi, mengurangi bekas luka, dan masih banyak manfaat lainnya.

Madu yang akan digunakan untuk perawatan wajah adalah madu mentah, lantaran kandungan nutrisinya masih terjaga. Madu mentah tersebut dapat diolah menjadi berbagai produk perawatan kulit, mulai dari pembersih wajah hingga masker bagi kulit sensitif maupun kulit kombinasi pun bisa dilakukan. Cukup dengan mengambil setengah sendok teh lalu oleskan ke wajah secara lembut, kemudian bilas setelah 10 menit berlalu menggunakan air hangat.

  1. Pisang

Buah pisang hingga kini masih menjadi primadona, lantaran rasanya yang sedap dan kaya akan khasiat. Bahkan dengan kandungan anti oksidan dan phytochemical pada daging buahnya, dirasa mampu menjaga kelembapan kulit anda. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga mengandung potassium, berbagai vitamin, serta zinc dan lektin yang dipercaya mampu melawan bakteri timbulnya jerawat sehingga ampuh sebagai bahan perawatan wajah alami.

Untuk mendapatkan segudang khasiatnya, silahkan membuat masker alami dari buah pisang. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melumat pisang hingga halus, kemudian aplikasikan ke seluruh area wajah secara merata. Setelahnya diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, dijamin anda akan mendapatkan kulit sehat dan bercahaya.

  1. Kunyit

Sejak berabad abad silam, siapa sangka jika kunyi yang selama ini dikenal sebagai bumbu dapur ternyata digunakan sebagai bahan mencerahkan kulit wajah. Sebab kunyit dipercaya mengandung curcumin sekaligus memilki sifat anti oksidan, antiseptik dan anti inflamasi yang akan bekerja maksimal untuk memudarkan bekas jerawat membandel sekalipun. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda bisa mengolahnya menjadi masker.

Dalam pembuatan masker kunyit untuk perawatan wajah alami setidaknya dibutuhkan 1 sendok makan bubuk kunyit, susu atau air, serta 4 gram tepung terigu. Silahkan aduk semua bahan tersebut hingga merata dan berubah menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah, lengan, leher, dan beberapa area tubuh lainnya dan biarkan mengering sebelum dibilas hingga bersih. Demi mendapatkan hasil sempurna, jangan lupa untuk aplikasikan masker secara teratur.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya kerap dijadikan sebagai bahan tambahan berbagi produk kecantikan. Bahkan sudah ada penelitian yang mengungkapkan jika lidah buaya, cukup efektif untuk mendetoksifikasi tubuh dari luar maupun dalam tubuh manusia. Dengan kata lain, bahan alami ini sangat dianjurkan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat. Ketika melakukan perawatan rutin, dijamin anda akan mendapatkan kulit cantik.

Yang membuat lidah buaya semakin spesial yaitu kandungan bahan aktif melawan bakteri peradangan, gatal gatal, kemerahan dan masih banyak lagi. Bahkan sudah ratusan tahun lamanya, lidah buaya kerap dijadikan sebagai obat penyakit kulit pada proses pengobatan China tradisional. Hingga saat ini pun, tanaman ini pun masih banyak diburu di pasaran untuk berbagai keperluan.

  1. Garam

Dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang kaya akan mineral dan nutrisi, wajar saja jika garam mampu menjadi bahan alami dalam perawatan wajah alami. Bahkan uniknya, kandungan mineral yang dimilikinya sama dengan yang ditemukan pada sel kulit tubuh manusia. Inilah alasan mengapa aram laut mampu menyeimbangkan, memulihkan, sekaligus melindungi kulit dari kerusakan. Bahkan dengan sifat anti inflamasinya, dijamin mampu merawat kulit.

Bagaimana cara menggunakan garam untuk kecantikan ? Cukup dengan mencampurkan garam yang ditemukan di dapur dengan toner, dan difungsikan sebagai masker wajah. Selain dijadikan sebagai masker, garam juga bisa diolah menjadi bahan lulur badan dengan cara menambahkan bahan alami lainnya seperti madu mentah dan minyak kelapa. Lakukan rangkaian perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Lemon

Dikenal dengan rasanya yang masam dan terasa segar, siapa sangka jika air perasan lemon dapat dijadikan sebagai bahan perawatan kulit. Perasan air lemonnya berfungsi menghilangkan komedo, flek hitam membandel, noda, hingga bekas jerawat akan dibasmi dengan mudah. Ditambah lagi dengan sifat antibakteri, air perasan lemon pun dipercaya untuk mengurangi jerawat akibat adanya penumpukan baketi di pori pori.

Belum cukup sampai disana, pasalnya lemon juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu memudarkan bekas luka hingga mencerahkan kulit wajah. Wajar saja jika lemon kerap digunakan sebagai bahan perawatan wajah alami. Jika anda membuatnya sendiri, cukup dengan mengoleskan perasan air lemon ke wajah secara merata lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap akan pergi tidur, dan dapatkan wajah cerah keesokan harinya.

  1. Cuka Apel

Selain keenam bahan alami di atas, anda juga bisa memanfaatkan cuka apel sebagai rangkaian perawatan kulit wajah. Cuka dari sari apel mengandung alpha hydroxy acid yang dipercaya mampu memusnahkan sel kulit mati, sekaligus mengangkat sel kulit baru agar kulit tampak cerah dan segar. Cuka apel juga bisa difungsikan sebagai bahan cuci muka, lantaran kemampuannya untuk menghilangkan kerutan halus cukup bisa diandalkan.

Pixabay.com

Siapa sangka jika perawatan wajah alami menggunakan cuka apel bahkan sudah dilakukan sejak zaman 460 hingga 377 SM. Dengan kata lain, bahan alami ini memang sudah dipercaya sejak dulu sebagai rangkaian perawatan bagi kulit terbaik. Bahkan kandungan cuka apel yang dicampurkan dengan air, mampu meningkatkan fungsi hati sekaligus menyeimbangkan bakteri di dalam usus.

Bahan alami kerap menjadi alternatif terbaik ketika ingin melakukan perawatan wajah tanpa adanya efek samping. Agar lebih simpel, mengandalkan saja Bebwhite C untuk melakukan perawatan pada kulit wajah. Pasalnya produk satu ini menggunakan bahan alami, sehingga sangat aman dan mendatangkan keuntungan. Jika sudah menggunakan produknya, anda juga bisa daftar distributor dan agen Bebwhite C untuk menambah penghasilan.

Categories: Pengetahuan