Banyak orang yang berpikir bahwa tanaman hias adalah tanaman yang tampak cantik saja. Namun, tahukah Anda bahwa tumbuhan indah tersebut bisa saja punya khasiat menarik? Dari sekian banyak jenis pendaman hias, beberapa punya kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah Nanas Kerang yang dapat tumbuh sampai 60 cm. Ternyata daunnya punya khasiat kesehatan. Yuk cek ulasan berikut untuk info lebih lanjut.

Inilah Khasiat Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu Dari Daun Tumbuhan Hias Yang Satu Ini

  1. Berkhasiat Untuk Menyembuhkan TBC Kelenjar Dan Juga Mimisan

Salah satu khasiat yang menarik adalah mampu mengobati TBC kelenjar dan mimisan. Tuberkulosis kelenjar bisa sangat menyakitkan dan butuh biaya lebih untuk berobat. Dengan begitu banyak yang bilang tanaman ini manjur. Jika Anda ingin mencoba, cara pembuatan adalah dengan bahan dasar 15-30 gram daun. Kemudian cuci bersih, dan rebus beberapa menit. Dinginkan air rebusan dan minum air tersebut secara teratur setiap hari.

  1. Mampu Mengobati Berak Darah

Selain itu, salah satu resep obat herbal untuk obati berak darah atau melena juga memakai daun Nanas Kerang. Untuk obat yang satu ini, Anda butuh setidaknya 10 – 15 helai daun dan juga ditambah dengan 20 – 50 kuntum bunga keringnya. Tidak lupa, Anda perlu beri gula enau secukupnya pada olahan ini. Kemudian, lakukan perebusan beberapa menit. Setelah mendidih, angkat, dinginkan lalu saring dan minum 1 gelas 2 kali sehari.

  1. Sebagai Obat Batuk Rejan, Berdahak, Bronkitis, Flu Dan Juga Disentri

Kandungan daun tanaman ini, seakan menjadi solusi untuk pengobatan penyakit pada sistem pernapasan. Sering kali, obat herbal tradisional ini dipakai untuk mengobati batuk berdahak, Rejan, flu, bronkitis hingga disentri. Untuk cara pengolahannya, Anda butuh 20 hingga 30 kuntum bunganya. Lalu lakukan langkah pencucian agar bersih dan steril. Dilanjut dengan direbus, dinginkan, dan saring. Kemudian minum secara teratur air rebusannya.

  1. Mengobati Penyakit Acutebronchitis Dan Juga Muntah Darah

Satu olahan obat herbal dari tanaman Nanas Kerang ini adalah untuk obat acutebronchitis dan muntah darah. Anda bisa mencoba olahan obat dengan memakai 10 helai daun yang masih segar. Namun, olahan obat juga bisa terbuat dari 20 – 30 kuntum bunganya. Pilih salah satu, kemudian tim atau rebus semua bahan dengan tambahan gula batu. Hasil rebusan tersebut bisa dikonsumsi secara teratur.

Itulah beberapa khasiat kesehatan dari daun tanaman hias berwarna merah ini. Meskipun banyak dijumpai sebagai tumbuhan hias, namun tidak jarang orang menggunakannya sebagai obat. Terutama jika dilihat dari khasiatnya, pastinya banyak yang mencoba obat herbal ini. Bisa dibilang tanaman ini berkhasiat menyembuhkan penyakit berkaitan dengan sistem pernapasan. Meskipun demikian, jika penyakit masih berlanjut disarankan untuk cek ke dokter.

Categories: Uncategorized