Bolehkah Ibu Hamil Menyusui Dalam Islam

Anda sering berfikir, bolehkah ibu hamil menyusui dalam Islam? Ketahuilah bahwa tidak ada satu pun susu yang lebih sesuai dan bermanfaat untuk anak kecuali air susu ibu. Menjadi seorang ibu merupakan dambaan dari seluruh perempuan. Berbagai proses perempuan jalani dari mengandung, melahirkan, hingga menyusui adalah kodrat seorang ibu .Kasus perempuan hamil tapi masih menyusui memang menimbul pertanyaan tersebut. Perempuan yang cukup subur bisa mengandung anak pada saat menyusui. Banyak orang yang menyarankan agar sebaiknya perempuan berusaha untuk tidak mengalami hal tersebut. Alasa yang mendasar biasanya, menyusui ketika hamil bisa membahayakan bagi janin. Lantas, bagaimana Islam memandang tentang ini?

Dewasa ini, tak sedikit perempuan yang enggan untuk menyusui anaknya sendiri sebab dadanya tidak seperti ia masih melajang dulu. Nah, yang perlu Anda ketahui adalah Islam mengatur hukum menyusui bagi perempuan yang mempunyai anak bayi. Sebagian orang berkeyakinan apabila menyusui dalam keadaan hamil tidak diperbolehkan. Hal tersebut dapat memunculkan polemik di lingkungan keluarga.

Untuk menjawab pertanyaan Anda, bolehkah ibu hamil menyusui dalam Islam. Nah, dibawah ini hukum ‘Al-Ghilah’ menurut syariat Islam. Sungguh aku (nabi Muhammad SAW) berkeinginan untuk melarang kalian dari melakukan ‘al-ghilah’. Maka aku (nabi Muhammad SAW) melihat (orang-orang) Romawi dan Persia. Definisi Al-Ghilah ialah jika seorang suami yang menyetubuhi istri yang sedang menyusui namun dalam keadaan hamil.

Sedangkan Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 223 “ Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh. Apabila Anda merasa  takut memberikan ASI kepada buat hati, di ulasan ini terdapat juga tips agar menyusui aman yaitu dengan konsumsi makanan yang bergizi, konsultasi dengan dokter, berikan makanan pendamping ASI apabila anak pertama berumur lebih dari 6 bulan.Dari ulasan diatas perempuan boleh menyusui dalam keadaan hamil dan ada beberapa tips yang membantu proses menyusui Anda lancar, sebab menyusui itu wajib bagi yang mampu. Demikian ulasan tetang bolehkan ibu hamil menyusui dalam islam.

 

Posted in <a href="https://encompinc.com/category/uncategorized/" rel="category tag">Uncategorized</a>