Jilbab menjadi outfit wajib bagi para muslimah. Meskipun ia bleum berhijab namun pasti ada saat dimana ia membutuhkan jilbab. Contohnya ketika ada acara yang berkaitan dengan keagamaan, acara tausiah, dan lain sebagainya. Jilbab selalu menjadi andalan sebagai pemanis penampilan para muslimah. Selain itu dalam Islam hijab menjadi pakaian wajib yang dimiliki muslimah, meskipun tidak setiap saat menggunakannya. Selain itu bagi muslimah yang telah berhijab sepenuhnya pasti hijab merupakan pakaian wajib ada dalam lemarinya. Hijab bukan hanya menjadi pemanis penampilan namun komponen wajib yang ada dalam penampilannya. Para muslimah takkan segan-segan membeli hijab dengan banyak model dan warna. Hijab seakan-akan menjadi rambut bagi mereka, sehingga memaksimalkan penggunaannya. Sekarang ini banyak bermunculan selebgram ataupun artis dan publik figure yang juga mulai berhijab, sehingga banyak di antara para fans mereka ataupun orang lain juga mulai termotifasi. Selain itu mulai banyak brand-brand ternama di Indonesia yang juga mulai mengeluarkan produk jilbab, sehingga semakin meriahlah persaiangan.

Table of Contents

Perkembangan Pasar Jilbab

Di era sekarang ini produk jilbab dan busana muslim sedang naik daun. Seperti halnya Kain yang bagus untuk jilbab. Banyak brand ternama yang mulai memproduksi jilbab dan pakaian muslim lainnya. Bahkan karena pesatnya pertumbuhan pasar jilbab banyak desainer yang mengaggap Indonesia sebagai kiblat fasion muslim dunia. Hal ini memang bisa saja terjadi, pasalnya pertumbuhan muslim di Indonesia semakin meningkat juga karena memnag penduduk muslim Indonesia sudah banyak dan mereka mulai berhijab. Akhirnya para fashion desainer mulai membuat rancangan busana yang digemari mayoritas penduduk atau masyarakat. Mulai dari kelas menengah kebawah hingga menengah ke atas mulai menggandrungi busana-busana muslim. Bran-brend baru juga mulai bermunculan dengan cap brand muslim. Selain itu tak hanya brand muslim namun juga baju-baju atau busana yang ada sekarang ini tak melulu soal jubah, pakaian panjang dan lainnya. para muslimah kini bisa membuat penampilannya semakin berkelas dan modern akibat banyaknya fashion desainer yang mulai merambah dunia fashion muslim. Model-model yang ada semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman, tak hayal ini membuat model semakin banyak dan menarik perhatian banyak masyarakat. Namun selain modelnya semakin modern tak ketinggalan para desianer juag tetap memperhatiakn kesyar’ian pakaian muslim. Tak bisa sembarangan dalam mengeluarkan produk muslim apalagi muslimah yang diperuntukan wanita muslim tentu harus benar-benar meperhatikan banyak detail-detailnya. Sebagai muslim kita harus tau mana pakaian yang pas untuk kita dan mana yanga tidak, mana yang syari dan mana yang tidak. Pakaian akan menentukan bagaimana karakter orang tersebut, karena orang akan memilih sesuatu sesuai dengan kepribadiannya, karakternya juag kenyamanan yang akan ia dapatkan. Untuk mendapatkan pelanggan banyak pula took pakaian yang mulai menambahkn produk syari kedalam tokonya. Bahkan mereka juga mau menulis bahwa took mereka jual jilbab syari.

Bahan Untuk Jilbab

Dalam memakai jilbab para muslimah pasti akan mencari kenyamanan. Tidak semua bahan yang ada dapat membuat nyaman ketika dikenakan. Maka dari itu para muslimah harus tau mana bahan yang bagus digunakan sebagai bahan jilbab dan mana yang tidak bagus jika digunakan untuk hijab. Bahan yang bagus untuk hijab yakni bahan wolfis/wolpeach. Kain jenis ini merupakan bahan yang sering digunakan sebagai bahan jilbab. Kain jenis ini sangat nyaman jika digunakan sebagai jilbab, bahannya jatuh dan tidak nerawang  karena lebih tebal dari bahan sifon. Biasanya sering digunakan sebagai jilbab segi empat ataupun pasmina. Bahan ini juga tidak mudah kusut , tidak mengkilat, dan tidak panas sehingga nyaman ketika digunakan.

Sifon merupakan bahan berikutnya yang juga sering digunakan. Sifon terbuat dari kapas, sutra dan serat sintetis. Bahan ini termasuk bahan yang panas, licin dan cukup tipis. Namun bahan ini masih banyak penggemarnya karena sifatnya yang ringan, halus, dan mampu mengikuti gerak tubuh. Bahan ini memberikan kesan elegan bagi pemakainya, sehingga akan sangat cocok jika digunakan pada acara pesta maupun resmi lain. Namun karena sifatnya yang panas dan tidak bisa menyerap keringat bahan ini tidak cocok digunakan pada saat cuaca panas. Selanjutnya bahan ceruti, bahan ini memiliki karakter sama seperti bahan sifon namun lebih tebal dan halus. Bahan ini mengandung sutra sehingga lebih lembut dari pada sifon. Ceruti memberIkan kesan elegan sama seperti sifon dengan tekstur seperti kulit jeruk lebih lembut dan elastis namun ceruti lebih berta dari sifon. Bahan satin juga menjadi bahan yang sering digunakan sebagai jilbab. Bahan ini mengkilat dan lembut pada permukannya namun dibaliknya tidak. Bahan ini cocok digunakan saat acara resmi karena memeberukan kesan mewah dan elegan bagi pemakainya. Bahan ini mengkilat sehingga mampu memantulkan cahaya dan ini yang membuatnya terkesan mewah. Selanjutnya bahan sutra, bahan ini memiliki sifat tipis dan lembut sehingga memiliki harga yang relatif mahal dibanding bahan lain. Bahan ini sangat nayaman digunakan sebagai jilbab, pasalnya bahan ini memiliki karakter tipis, lembut dan dingin ketika digunakan.

Categories: Pengetahuan