Tahukah anda bahwa bunga juga bisa dihargai dengan harga mahal? Bunga dengan harga mahal biasanya karena langka atau hasil penelitian sehingga pembudidayaannya sulit.

Artikel

Dimusim seperti ini banyak masyarakat yang ingin tahu tentang bunga. Karena kecenderungan dirumah lebih banyak ketimbang bekerja di kantor, di sisi lain bunga juga bisa membuat kita merasa nyaman dan fresh. Banyak orang yang beralih menyukai bunga karena senang melihat bunga yang indah, namun tidak lain banyak juga yang merawat bunga hanya untuk memenuhi kegiatan harian.

Bunga adalah keindahan yang bisa anda nikmati hanya dengan melihatnya gambar bagian bunga, di dunia ini terdapat ribuah hingga jutaan jenis bunga yang bisa kita nikmati keindahan dan warnanya. Bunga tidak hanya indah, namun sering kali memiliki wangi yang juga enak. Bunga selain sering ditanam u ntuk keindahan jug asering ditanam guna dijual secara masal, biasanya bunga dibuat sebagai buket ataupun karangan bunga yang nantinya akan diberikan pada orang yang special.

Bunga Termahal Di Dunia

Tahukah anda bahwa ada beberapa deretan bunga dengan harga termahal di dunia? Jika belum tau, simak beberapa nama bunga termahal berikut, mulai dari yang termahal.

  1. Kadupul

Bunga yang satu ini merupakan bunga langka yang  memiliki nama ilmiah Epiphyllum Oxypetalum. Bunga kadupul ini merupakan tumbuhan dengan model menjalar dan menempel di pohon. Bunga Kadupul sangat langka dan hanya bisa ditemui di hutan hujan tropis Sri Langka.

Ini adalah bunga termahal hingga harganya bahkan tidak ternilai, yang unik dari bunga ini adalah  bunga ini hanya mekar pada jam 10-11 malam selama 2 jam lamanya. Bunga ini akan sangat wangi saat mekar, wangi yang dihasilkan sangat manis dan segar. Namun sayangnya bunga ini akan layu sebelum waktu subuh tiba. Karena memiliki waktu mekar yang singkat, bunga ini sangat sulit dijual belikan, karena hanya dapat bertahan hidup hanya beberapa jam saja.

Selain nama latinnya bunga ini juga memiliki sebutan lain yakni  Queen of the night, Flower of The Moon ataupun Flower from The Heaven. Karena jarang dijual belikan, maka bila berhasil menjual belikannya harganya akan sangat mahal.

2.      Juliet Rose

Bunga mawar memang biasa kita jumpai, namun sebenarnya bunga ini memiliki banyak sekali jenis, dan beberapa jenis diantaranya adalah bunga langka yang tidak dibudidayakan. Berbeda dengan bunga mawar merah dan mawar putih Bunga Juliet merah ini terkenal karena harganya yang sangat mahal.  Bunga ini ditaksir dengan harga sekitar Rp. 1,26 juta Rupiah untuk 10 tangkai bunga Juliet Rose.

Bunga mawar yang satu ini merupakan bunga buatan, sehingga tidak mudah untuk anda temukan ataupun anda tanam. Bunga ini dibuat dari hasil penelitian dan riset yang mebhasilkan bunga memukau dengan wana persik pada tahun 2006. David Austin adalah nama pengembang bunga Juliet Rose yang dalam penelitianya memakan waktu hingga 15 tahun agar dapat membudidayakan secara massal.

3.      Shenzhen Nongke Orchid

Shenzhen Nongke Orchid bunga buatan yang dikembangkan oleh seorang ilmuan dari Universitas Shenzhen Nongke pada tahun 2005.  Dalam pengembangganya ia mebutuhkan waktu hingga 8 tahun, dan yang lebih mengejutkan bahwa bunga ini membutuhkan waktu hirup 4 smapai 5 tahun agar dapat merkar.

Yang membuat bunga ini termasuk sebagai bunga dengan harga tinggi adalah karena termasuk dalam bunga langka. Selain itu cara perawatan dan pengembangbiakaannyapun dinilai sanga sulit, namun di sisi lain bunga ini memiliki keunggulan yakni memiliki aroma yang sangat nikmat. Sehingga harga yang ditaksir untuk bunga ini sekitar Rp. 2,5 Miliyar Rupiah.

4.      Gold of Kinabalu Orchid

Bunga dengan keindahan yang sangat memesona memang akan membuat kita betah memandangnya. Salah satunya adalah bunga Gold of Kinabalu Orchid  yang sangat cantik dengan warna merah maron dipadukan dengan warna putih dan kuning. Bunga ini  tergolong dalam bunga dengan harga termahal di dunia karena ditaksi dengan harga sekitar Rp. 76 Juta per potongnya.

5.      Selain masuk dalam kategori bunga dengan harga termahal di dunia, bunga ini juga masuk dalam kategori bunga dengan perawatan yang membutuhkan kesabaran, biasanya dibutuhkan waktu hingga 8sampai 10 tahun untuk dapat memanen Bungan Gold of Kinabalu Orchid yang telah mekar dan tumbuh dewasa.

6.      Saffron Crocus

Anda pasti tahu bunga saffron bukan? Bunga yang satu ini memang sangat terknal akhir-akhir ini karena putiknya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, diantaranya untuk kecantikan. Selain memiliki banyak manfaat ternyata bunga ini juga memiliki warna yang sangat indah  apabila tumbuh dengan baik.  Dalam pertumbuhannya Saffron Crocus membutuhkan sinar matahari langsung 12 jam penuh. Selain untuk kesehatan bunga ini juga sering digunakan sebagai bumbu masakan dan dikenal dengan bumbu saffron.

Selain bunganya yang mahal, ekstra bunga saffron juga ditaksir dengan harga yang relative tinggi  karena membutuhkan banyak bunga untuk membuat ekstrak saffron.

Demikian artikel mengenai bunga dengan harga temahal di dunia dari bagian bunga dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.