Banyak cara ditempuh oleh petani untuk menjaga tanamannya dari serangan hama. Salah satunya dengan menerapkan cara membasmi hama tanaman secara alami.

Cara alami dipilih lantaran menawarkan kelebihan bagi petani. Hasil pembasmian sangat efektif. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga lebih murah.

Sayangnya, tidak semua orang melakukannya. Masih ada yang meragukan kemampuannya. Atau, seseorang sudah memiliki ketergantungan dengan bahan kimiawi.

Jika Anda sangat bergantung dengan bahan kimiawi, pikirkan ulang tentang pemanfaatannya. Lihat apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh bahan alami. Dan periksa bagaimana cara membasmi hama tanaman secara alami berikut.

Table of Contents

Keuntungan Menggunakan Bahan Alami

Petani diuntungkan dengan keberadaan dari sejumlah bahan di pasaran. Bahan alami ini bisa dijumpai dengan mudah. Harganya juga relative lebih murah.

Murahnya bahan tentunya memberikan keuntungan bagi petani. Petani bisa berhemat puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk memelihara tanaman. Buahnya, petani bisa meraup keuntungan lebih besar ketika panen tiba.

Selain memperbesar keuntungan, kualitas lahan tetap terjaga. Bahan alami tidak membuat perubahan ke arah negative bagi lingkungan. Bahkan, bahan ini mampu mendukung kesuburan tanah.

Suburnya tanah membuat tanaman tumbuh dengan baik. Anda hanya tinggal melakukan perawatan sederhana sampai masa panen. Misalnya dengan menyingkirkan gulma yang berada di sekitar tanaman.

Keuntungan lain yang mulai disadari oleh seseorang ialah kualitas bahan pangan semakin bagus. Tanaman buah ataupun sayuran jauh lebih segar dan sehat. Karena bahan alami tidak menimbulkan reaksi berlebihan.

Berbeda jika menggunakan bahan kimia. Senyawa ini bisa membahayakan orang bila dikonsumsi berlebihan. Jika seseorang terus memasukkan senyawa dalam tubuh, tubuhnya berisiko terkena penyakit berbahaya.

Kualitas buah atau sayuran yang kurang baik ini juga menurunkan nilainya. Konsumen sudah pandai dalam memilih makanan yang sehat. Konsumen juga lebih memilih sayuran atau buah yang bebas bahan kimia meskipun harus dibeli dengan harga yang lebih mahal.

Menyadari potensi ini, sudah semestinya Anda lebih bijaksana dalam mengambil sebuah langkah. Pemanfaatan bahan alami tampaknya lebih menjanjikan. Baik dalam segi keramahan terhadap lingkungan, sampai potensi keuntungan dari penerimaan yang dihasilkan dari penjualan hasil tanaman.

Pertanyaannya sekarang ialah apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi hama? Lalu, bagaimana cara menerapkannya?

Bahan Alami Untuk Membasmi Hama Tanaman

Membasmi hama tanaman merupakan bagian dari pemeliharaan tanaman. Pembasmian yang tepat akan membuat tanaman berproduksi lebih optimal. Cara membasminya ialah dengan memanfaatkan bahan alami berikut ini.

  1. 1. Menggunakan Bawang Putih

Bahan alami yang sering digunakan ialah bawang putih. Bawang putih dipilih lantaran memiliki aroma yang sangat menyengat. Aroma ini tidak disukai oleh hama seperti serangga dan kutu.

Baunya yang menyengat membuat hama menyingkir. Menjauhnya hama menyebabkan tanaman lebih bebas untuk berkembang. Tanaman akan subur sampai memasuki masa panen.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mempersiapkan 2 umbi bawang putih. Campurkan dengan air dan blender sampai halus. Setelah halus, diamkan selama satu malam.

Lalu, seperti apa cara menggunakannya? Pemanfaatannya sangat sederhana. Anda tinggal mengambil 1 cangkir bahan yang sudah di blender. Campurkan dengan air sekitar 1 liter. Setelah itu, semprotkan pada tanaman secara merata. Baik itu tanaman yang sudah dihinggapi hama ataupun yang belum.

  1. 2. Menggunakan Tembakau

Jangan pernah remehkan daun tembakau. Daun ini juga sangat berguna untuk mengusir hama. Di antaranya ialah thrips, jenis kutu, belalang sampai jangkrik.

Cara meramunya ialah dengan merebusnya. Di sini, siapkan tembakau sekitar 2 ons. Tuangkan air sekitar 2 liter dan rebus dalam panci.

Perebusan ini dilakukan sampai airnya menyusut sekitar 1 liter. Angkat, saring dan diamkan sebentar. Setelah itu, masukkan dalam botol dan tutup rapat.

Ketika ingin diaplikasikan, ambillah bahan alami tersebut dan padukan dengan air. Perbandingannya adalah 20:14. Maksudnya, 20 cc air tembakau dengan air 14 liter.

Setelah meramunya, kunci utamanya terletak pada proses penyemprotan. Penyemprotan baiknya dilakukan pada sore hari. Kenapa?

Sore hari merupakan waktu yang ideal untuk mengusir hama. Hama kebanyakan akan menyerang pada malam hari. Ketika cairan ini disemprotkan, aromanya akan terus menyengat sehingga hama akan menyingkir.

Tidak hanya itu saja, tanaman juga tidak akan mengalami masalah. Pasalnya, suhu di sekitar sangat mendukung sehingga tidak terjadi efek terbakar pada tanaman.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan. Selebihnya, Anda bisa memanfaatkan bahan lain yang diulas di situs mystargarden.com. Di situ, Anda akan memperoleh informasi lebih rinci terkait cara membasmi hama tanaman secara alami.

Categories: Pengetahuan