Cupcake merupakan salah satu varian kue yang digemari oleh banyak kalangan. Ada banyak jenis cupcake yang saat ini dibuat dan dijual di pasaran. Salah satu cupcake yang sering menjadi favorit tak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa adalah cupcake coklat. Kue ini menawarkan perpaduan kelembutan khas cupcake ditambah dengan cita rasa dan lumernya coklat yang ada dalam cupcake membuat banyak orang menyukai kue ini. Maka, tak heran jika cupcake coklat merupakan salah satu jenis cupcake yang sering dijual di pasaran. Jika kamu ingin menikmati cupcake coklat di rumah, kamu bisa membuatnya dengan mengikuti resep berikut ini.

Salah satu jenis cupcake coklat yang bisa dibuat adalah cupcake coklat kukus. Seperti namanya, cupcake coklat ini tidak membutuhkan oven. Untuk proses pematangan, kamu bisa menggunakan metode kukus sehingga cupcake bisa dibuat oleh orang yang tidak memiliki oven. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah telur, tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, susu UHT rasa plain, minyak goreng, coklat batangan atau dark chocolate, susu bubuk, dan baking soda.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melelehkan coklat batangan dengan cara tim. Kamu bisa mencampurkan coklat batang dan minyak goreng, kemudian meletakkannya di atas air panas. Setelah itu, aduklah campuran coklat tersebut hingga leleh. Sementara itu, campukan telur dan gula dengan menggunakan pengaduk, mixer ataupun whisk hingga gula menjadi larut. Kemudian, masukan tepung terigu yang telah diayak ke dalam adonan telur. Setelah itu, masukkan baking soda dan susu secara berurutan. Adonan diaduk hingga tercampur secara merata. Kemudian, lelehan coklat tadi dimasukkan ke dalam adonan telur. Adonan kemudian diaduk hingga merata. Setelah itu, adonan cupcake coklat dituangkan ke dalam cup atau cetakan cupcake. Kemudian, kukus cupcake coklat selama kurang lebih 15 – 20 menit. Untuk menambah cita rasa cupckae coklat, kamu bisa menambahkan wheapcream dengan aneka rasa seperti vanilla ataupun strawbery. Selain itu, kamu juga menambahkan chocochip untuk mempercantik penampilan cupcake coklat.

Categories: Uncategorized