Rayap merupakan salah satu hewan yang dapat tinggal di tempat yang memiliki iklim subtropis dan tropis. Oleh karena itu, rayap sering ditemukan di Indonesia. Hewan ini merupakan salah satu hewan dari ordo Isoptera. Rayap merupakan salah satu hewan yang sering menggerogoti berbagai peralatan maupun bahan baku yang terbuat dari kayu. Hewan ini dapat dengan mudah ditemukan di rumah, kantor, dll selama bangunan tersebut menggunakan kayu. Peralatan kayu yang telah digerogoti oleh rayap akan mengalami pengeroposan.

Selain menyerang peralatan dari kayu, rayap juga menyerang berbagai tanaman. Hewan ini sering menggerogoti batang dan akar tanaman. Sehingga, tanaman yang terserang oleh rayap akan mengalami hambatan pertumbuhan. Tentu saja, hal ini akan berdampak pada menurunnya produktivitas dari tanaman.

Rayap tidak hanya menyerang pada satu tanaman saja. Beberapa tanaman yang sering digerogoti oleh rayap adalah mangga, sawit, durian, maupun tanaman yang tumbuh dalam pot. Oleh karena itu, adanya rayap tentu akan mengganggu produkvitas dari beberapa perkebunan maupun tanaman rumahan.

Mengingat kerugian yang ditimbulkan oleh rayap yang menyerang tanaman, orang-orang mulai menggunakan berbagai cara untuk mengatasi hama rayap pada tanaman. Pengendalian rayap pada tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan cara kimiawi, non kimiawi, maupun keduanya. Hal ini bergantung dari kebutuhan tanaman itu sendiri.

Table of Contents

Cara Membasmi Hama Rayap Pada Tanaman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rayap dapat menyerang tanaman pot. Ada beberapa faktor resiko yang meningkatkan kemungkinan rayap menyerang tanaman. Salah satunya adalah tanaman yang ditanaman dalam pot kayu. Hal ini diakibatkan rayap akan tertarik untuk mendekati tanaman pot tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan bahan lain untuk membuat pot seperti pot dengan bahan semen, plastik, dan terra cotta. Selain itu, tanaman yang ditanaman di pot dan ditrauh di atas tanah langsung juga mempunyai kemungkinan untuk diserang hama rayap. Kamu bisa mencegahnya dengan menggantung tanaman seperti menanam tanaman anggrek atau menggunakan batu bata.

Untuk mengatasi tanaman pot yang terlanjur diserang oleh hama rayap, kamu bisa menggunakan larutan air garam maupun air cucian beras. Kamu bisa menyemprotkan dua larutan tersebut ke dalam tanaman yang telah diserang rayap. Selain itu, kamu juga bisa merendam pot yang akan digunakan pada kedua larutan tersebut. Hal ini untuk mencegah agar tanaman rayap tidak datang pada tanaman pot.

Rayap juga bisa dibasmi dengan menggunakan obat hama. Salah satunya adalah insektisida. Pemakaian insektisida bergantung pada ukuran dari pot yang digunakan. Insektisida yang telah diencerkan dengan menggunakan air dapat digunakan untuk merendam pot sehingga rayap tidak akan menganggu tanaman yang ada dalam pot. Apabila tanaman yang ada dalam pot sudah mengalami kerusakan maka perlu dilakukan fumigasi.

Rayap juga dapat menyerang berbagai tanaman. Salah satunya adalah pohon durian. Untuk mengatasi hama rayap pada durian, kamu bisa menggunakan dua metode yaitu kimiawi dan non-kimiawi. Jika kamu ingin menggunakan metode kimiawi, maka kamu bisa menggunakan Furadan. Bahan kimia ini bisa diencerkan sesuai dengan kadar yang dibutuhkan. Setelah itu, Furadan dapat disemprotkan atau diinjeksikan pada tanaman yang telah diserang oleh rayap.

Akan tetapi, jika kamu ingin menggunakan bahan non kimiawi, maka kamu bisa mengguankan beberapa jenis jamur seperti Aspergillus, sp. Rayap yang memakan jamur tersebut akan mati. Sementara itu, rayap lain akan memakan rayap yang telah mati dan kemudian akan ikut mati juga. Sehingga, suatu koloni rayap dapat mati dengan menggunakan jamur ini.

Rayap juga bisa menyerang tanaman yang ada dalam lahan pertanian. Hal ini tentu saja akan menurunkan produktivitas dari sektor pertanian. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan senyawa carbofuran. Senyawa ini akan efektis sebagai insektisida dari hama rayap.

Penggunakan insektisida untuk membasmi rayap merupakan salah satu hal yang umum dilakukan. Akan tetapi, penggunaan insektisida harus dilakukan dengan cerpat. Hal ini diakibatkan insektisida juga mempunyai beberapa residu yang bisa saja tertinggal di tanaman. Apalagi, jika insektisida digunakan pada tanaman penghasil makanan. Oleh karena itu, jumlah insektisida yang digunakan serta tata cara penggunaanya harus cermat untuk mencegah adanya residu racun dari insektisida.

Penggunaan Jasa Pembasmi Rayap untuk Mengatasi Hama Rayap

Jika kamu mempunyai banyak tanaman yang terserang oleh hama rayap, kamu perlu memakai beberapa obat anti rayap. Akan tetapi, tidak semua orang tahu jenis obat seperti apa dan berapa dosis yang aman digunakan untuk membasmi rayap. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan jasa pembasmi rayap.

Jika kamu tinggal di Jakarta, ada layanan anti rayap Jakarta yang menyediakan beberapa pelayanan pembasmian rayap. Mereka menawarkan beberapa senyawa yang aman digunakan untuk membasmi hama rayap. Selain itu, beberapa outlet juga akan membantu dalam proses pembasmian rayap. Sehingga, kamu bisa membasmi rayap dengan aman dan mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah tentang kredibilitas dan keamanan obat rayap yang dipakai. Kamu bisa mengecek beberapa obat yang umumnya dipakai untuk membasmi rayap.

Categories: Pengetahuan