Untuk anda yang suka sekali dengan yang namanya menikmati secangkir kopi tentu terdapat rasa atau esensi dalam keingintahuan mencari tahu bagaimana sih cara membuat secangkir kopi yang nikmat dan juga memiliki aroma yang tentunya menenangkan. Salah satu cara dalam membuat secangkir kopi adalah dengan mengetahui jenis-jenis kopinya. Bahkan jika kita mengetahui jenis kopinya kita bisa mendapatkan sebuah hadiah untuk pecinta kopi atau dalam bahasa inggrisnya gifts for coffee lovers.

Hadiah untuk pecinta kopi atau gifts for coffee lovers tersebut adalah kita bisa mengetahui cara pembuatannya sebagai bentuk ucapan terima kasih karena sudah menghargai secangkir kopi yang penuh dengan arti dari orang yang membuatnya tersebut. Biasanya kalau dalam cafe menyebutnya adalah sebagai bartender yang membuat kopi. Kali ini kita akan membahas beberapa cara dalam membuat secangkir kopi tubruk. Maka dari itu beberapa langkah atau cara dalam membuat serta menyajikan kopi tubruk yang baik dan benar tanpa ada sedikitpun kesalahan di antaranya sebagai berikut :

Bahan Yang Harus Disiapkan 

Sebelum kita memulai cara membuat yang namanya kopi tubruk kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Menyeduh kopi tubruk tidak semudah dengan apa yang kita rasakan ketika kita menikmati kopi tubruk tersebut. Terdapat beberapa proses yang harus kita lalui. Diantaranya yang pertama adalah kita harus menyiapkan air yang benar-benar sudah bersih terlebih dahulu atau air yang sudah matang, tidak boleh air yang masih mentah.

Air yang sudah matang tersebut usahakan dalam keadaan mendidih dan untuk kapasitas airnya cukup satu cangkir saja untuk orang yang ingin mengkonsumsi kopi tubruk tersebut. Kenapa demikian karena dalam hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat kualitas mendidihnya air dalam kopi. Sehingga diusahakan kita ketemu di di itu harus dalam keadaan 90 derajat celcius. Sehingga ketika orang meminumnya tidak akan terlalu panas dan cukup untuk membuat lidah mereka terasa menikmati kopi tubruk tersebut. Namun berbeda ketika air yang sudah mendidih tersebut melewati 90 derajat celcius pasti tidak menyentuh air panas akan mengalami pembengkakan bahkan akan mati rasa sehingga tidak bisa menikmati kopi tubruk.

Bahan Kedua 

Bahan kedua dalam menyiapkan kopi tubruk adalah kita harus memilih yang namanya biji kopi alami serta berkualitas baik. Dalam menyajikan kopi tubruk kita harus memilih biji kopi yang memiliki tingkat kesegaran yang benar-benar murni. Sehingga ketika kopi tersebut giling untuk menjadi sebuah pupuk bisa memiliki kualitas yang sangat baik sekali. Sehingga kita tidak perlu repot-repot dalam menyaring ulang kembali pupuk kopi tersebut.

Kenapa harus menerima kembali karena jika dengan kualitas kesegaran biji kopi alami hanya cukup dengan satu kali sehari. Kita sudah bisa menghasilkan kopi tumbuk super nikmat dengan cita rasa yang fenomenal atau spektakuler. Terlebih jika kopi berkualitas baik tersebut harus di sangrai dan setelah diseret dikeluarkan dari wadahnya. Kemudian digiling maka akan tentu mengeluarkan kualitas yang lebih baik lagi di mana salah satu komoditas unggulan dari biji kopi yang benar-benar berkualitas adalah dari aroma yang begitu harum serta enak untuk dinikmati sehingga akan memicu orang untuk mengkonsumsinya.

Bahan Ketiga Yang Harus Disiapkan 

Harus menyediakan yang namanya sebuah peralatan yang lengkap. Ketika kita ingin mengkonsumsi yang namanya kopi tubruk dengan kualitas yang sangat baik tentu harus menyediakan alat berkualitas atau alat-alat super lengkap seperti alat seduh dan lain sebagainya. Ketika kalian sudah memiliki yang namanya alat seduh. Alangkah baiknya kalian harus membersihkan terlebih dahulu alat seduh untuk membuat kopi tubruk tersebut. Karena akan mempengaruhi cita rasa serta aroma dalam kopi tubruk jika kita ingin menyajikannya kepada pelanggan kita. Kopi tubruk memiliki ciri khas.

Oleh karena itu peralatannya pun menjadi salah satu ciri khas dalam pembuatan kopi tubruk mulai dari sendok, pemanas air teko dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar kopi tubuh tersebut tidak terkontaminasi dari bahan-bahan lainnya atau bahan-bahan yang sudah basi akibat kopi atau akibat sisa kopi sebelum-sebelumnya yang kita buat. Oleh karena itu diwajibkan dalam membuat yang namanya sebuah kopi tubruk harus menggunakan alat-alat yang sudah bersih dan juga steril karena hal tersebut akan mempengaruhi proses penyeduhan kopi serta akan merusak yang namanya cita rasa dari kopi. Bahkan aromanya pun akan berbeda dari kopi yang seharusnya harum untuk kita hirup menjadi sedikit ada bau kurang sedap

Cara Pembuatan 

Pada cara pembuatan kopi tubruk kita tidak usah repot-repot dalam menggunakan bahan-bahan yang rusak cukup menggunakan bahan yang ada tapi harus dalam keadaan kualitas bahan tersebut haruslah segar atau masih dalam keadaan fresh. Air panas dengan tingkat kepanasan 90 derajat celcius kemudian kita juga harus menyiapkan kopi dengan biji berkualitas. Kemudian kita sangrai dalam kurun waktu 5 menit sampai dengan 15 menit.

Kemudian setelah selesai saat kita sangat kita keluarkan dari wadah dan kita tumbuk atau kita giling sampai halus kemudian kita campur menjadi satu dengan airnya dan kita sharing dengan penyaringan agar tubuh serta topi bisa terpisah hal ini bertujuan agar orang yang menikmatinya bisa benar-benar menikmati kopi tersebut sampai habis tidak ada unsur tersedak obat bubuk kopi tubruk sama sekali.

Categories: Resep