Stretch mark merupakan salah satu hal wajar yang muncul ketika sedang hamil. Stretchmark sendiri bukan suatu hal yang membahayakan kondisi janin ataupun sang ibu. Namun hal ini kerap membangun ibu hamil karena dapat mengurangi rasa kepercayaan diri dan membuat tidak nyaman. Stretch mark sendiri merupakan gurat-gurat halus yang disebabkan karena kulit perut ibu hamil meregang. Dari situ serat elastis yang berada pada bagian bawah permukaan kulit menjadi pecah dan menimbulkan stretch mark.

Gurat halus ini akan muncul dan terlihat dengan jelas ketika ibu sudah melahirkan. Namun sebelum hal tersebut terjadi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya stretch mark ketika sedang hamil. Seperti contohnya beberapa hal dibawah ini:

  1. Pola makan serta nutrisi yang seimbang menjadi salah satu hal penting yang perlu di perhatikan ketika sedang hamil. Selain untuk menjaga kondisi janin sangat ibu dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi juga dapat mencegah timbulnya stretch mark ketika hamil. Kurangi juga makanan yang mengandung gula garam serta lemak.
  2. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga bisa mencegah timbul stretch mark ketika hamil. Minum air putih sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Ibu hamil merasa dehidrasi.
  3. Selain makanan dan minuman olahraga juga bisa menjadi salah satu hal solusinya. Olahraga yang perlu dilakukan cukup olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Dengan berolahraga maka kondisi kulit akan terjaga tetap elastis.
  4. Gunakan pelembab untuk menjaga kondisi kulit tetap lembab dan tentunya dapat mengurangi rasa gatal yang timbul karena kehamilan. Jika kondisi kulit lembab maka elastisitas kulit juga akan tetap terjaga.

Setelah melahirkan stretch mark biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika ingin segera menghilangkan stretch mark tersebut juga dapat dikonsultasikan langsung dengan dokter kulit. Hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses menghilangkan stretch mark. Contohnya yaitu menggunakan asam hialuronat dengan ekstrak bawang merah. Kandungan tersebut dapat mempercepat proses pemudaran stretch mark. Selain itu juga bisa menggunakan retinoic atau yang disebut dengan vitamin A. Karena kandungan tersebut dapat mempercepat proses pembentukan sel serta kolagen baru. Namun salah satu cara yang cepat dan modernĀ  yaitu dengan menggunakan laser.

 

Categories: Uncategorized