Dunia bisnis menjadi bidang yang banyak orang geluti untuk mendapatkan keuntungan. Persainagan dalam dunia bisnis pun semakin ketat. Stategi promosi yang tepat menjadi hal penting yang wajib dilakukan, agar usaha bisnis yang dijalankan mampu bersaing di pasaran. Salah satu media promosi yang banyak dipilih orang yaitu dengan memasang reklame. Neon box kemudian menjadi tren media pemasaran yang banyak bermunculan akhir-akhir ini. Salah satunya penggunaannya yaitu untuk kepentingan promosi hotel atau hanya sekedar papan nama

Secara singkat, neon box adalah suatu papan reklame dengan lampu neon di dalamnya yang dapat membuat tulisan atau gambar promosi menjadi terang ketika malam hari. Desain yang terang bertujuan untuk lebih memperkenalkan produk atau jasa kepada publik. Pada umunya neon box berbentuk kotak, persegi panjang, atau juga ada yang berbentuk bulat.

Neon box memang sudah sangat dikenal, apalagi di dunia periklanan. Tampilannya yang menarik, bentuk tulisan yang bermacam-macam, serta lampu yang terang membuat orang tertarik untuk melihat, terutama ketika malam hari. Tidak hanya sekedar untuk penyampaian informasi, namun juga memperkenalkan jasa atau produk kepada masyarakat.

Alasan penggunaan neon box

Persaingan bisnis perhotelan terutama di kota-kota besar seperti di ibu kota. Membuat penggunaan neon box di Jakarta sangatlah diperlukan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak hotel-hotel atau perusahaan yang menggunakan neon box ini sebagai identitas tempat bisnisnya, atau hanya sekedar pemberi informasi kepada public.

  1. Mudah dibaca

Jenis reklame ini memang sangat efektif digunakan pada malam hari. Dan dinilai menjadi reklame dengan karakteristik yang unik dan tentu saja memberi keuntungan bagai para penggunanya. Tampilan kata atau gambar yang dibuat menonjol membuat siapa saja yang melihatnya akan dengan mudah mengetahui maksud dari reklame tersebut. Tambahan lampu juga membantu masyarakat mengetahui maksud reklame tersebut pada malam hari, selain juga dapat menambah keindahan papan promosi tersebut. Jika seseorang mengetahui maksud dari papan promosi tersebut, maka besar kemungkinan mereka akan tertarik dan mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

Begitu pula penggunaannya pada hotel, neon box juga sangat efektif digunakan sebagai papan nama atau media promosi hotel. Kebutuhan masyarakat untuk mencari tempat beristirahat tentu tidak hanya siang hari saja. Bahkan kebutuhan akan hotel atau tempat penginapan justru banyak ketika malam hari. Seperti masyarakat yang sedang dalam perjalanan dan memerlukan tempat tinggal.

Neon box yang didesain dengan karakteristik huruf yang menarik dan jelas untuk dibaca, serta tambahan lampu untuk pencahayaan. Tentu saja dapat memudahkan masyarakat untuk menemukan hotel yang akan dituju. Selain untuk papan nama, promosi yang sering ditawarkan oleh sebuah hotel juga kerap menggunakan media periklanan yang satu ini. Tulisan yang dapat dibaca dengan jelas, membuat masyarakat dengan mudah mengetahui promo serta fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh hotel tersebut. Tambahan lampu, lagi-lagi membuat promosi melalui media ini dapat dilakukan pada malam hari juga.

  1. Media promosi yang murah

Cara termurah, termudah dan dinilai sangat efektif dalam mempromosikan suatu barang atau jasa adalah dengan menggunakan neon box. Tampilan yang menarik dapat membuat citra positif dari perusahaan atau tempat usaha tersebut. membuat reklame neon box dengan sekreatif mungkin, dapat menarik lebih banyak orang untuk mengetahui atau hanya sekedar melihat brand yang ditawarkan.

Begitu pula untuk kebutuhan bisnis perhotelan. Lokasi hotel yang kebanyakan berada di pinggir jalan, membuat banyak orang berlalu-lalang. Keadaan ini seharusnya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat citra positif dari hotel tersebut. Salah satunya yaitu dengan menggunakan reklame neon box sebagai papan nama, atau papan informasi. Tampilan papan nama yang elegan, bagus dan dapat dengan mudah dibaca, membuat masyarakat mengetahui brand hotel apa yang ditawarkan. Frekuensi orang melihat dan membaca nama hotel yang tertulis, akan membuat kesan familiar dengan hotel tersebut.

  1. Promosi jangka Panjang

Penggunaan neon box sebagai papan reklame pada tempat usaha, membuatnya terpasang dalam waktu yang lama. Sehingga tidak perlu menggantinya dalam jangka waktu tertentu. Tentu saja ini akan menguntungkan bagi pelaku usaha, karena pengeluaran untuk promosi bisa diminimalisir. Perawatan yang tepat dan teratur juga mempu membuat neon box ini menjadi lebih awet, serta dapat bertahan bertahun-tahun.

Bisnis perhotelan, sebagaimana bisnis pada umumnya juga tidak selalu dalam keadaan yang baik. Orang yang menginap di hotel mungkin juga tidak selalu banyak setiap harinya. Saat-saat tertentu saja, seperti hari raya besar atau ketika musim libur tiba. Maka perlu kiranya untuk menghemat pengeluaran. Salah satunya yaitu kebutuhan biaya untuk promosi. Reklame neon box yang terpajang di depan halaman hotel tentu tidak perlu diganti dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu pengeluaran kebutuhan sehari-hari hotel bisa dikurangi.

  1. Identtitas tempat usaha

Penggunaan neon box juga sebagai identitas dari sebuah perusahaan. Identitas hotel yang dipasang menggunakan neon box, selain untuk memperkealkan hotel tersebut kepada masyarakat, juga dinilai cukup efektif untuk memikat pasarn yang dituju. Identitas atau kesan sebagai hotel yang bagus, nyaman dan mewah juga dapat terbentuk melalui tampilan neon box ini.

 

Categories: Bisnis