Walaupun kurma dikenal sebagai makanan khas timur tengah dan afrika utara, namun ada juga jenis kurma yang berasal dari tempat lain seperti Kurma Medjool yang berasal dari kawasan Arizona, Amerika Serikat. Jenis kurma yang satu ini berwarna cokelat muda dengan daging buah yang tebal.

Kurma Medjool memiliki julukan yaitu ‘Raja Kurma’. Julukan ini diberikan kepada jenis kurma yang satu ini karena ukurannya yang jauh lebih besar dibanding jenis kurma lain pada umumnya. Panjang kurma ini berkisar antara 10 hingga 15 cm. Kurma ini juga memililki aroma manis yang khas yang membuat kurma jenis ini digemari oleh banyak orang.

Manfaat Kurma Medjol

Tekstur kurma ini lembut dengan rasa yang manis. Kurma ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa uraian singkat tentang manfaat buah kurma yang berasal dari Arizona ini.

  1. Membantu mengatur tekanan darah

Kurma ini mengandung mineral kalium yang dapat memberikan efek positif pada tekanan darah di dalam tubuh. Kalium merupakan mineral yang bersifat vasodilator, yaitu golongan obat yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah. Melebarnya pembuluh darah akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Selain itu, kalium juga dapat meredakan ketegangan yang terjadi pada pembuluh darah dan arteri. Artinya, kalium dapat meredakan ketegangan yang ada pada sistem jantung sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Salah satu kelebihan kurma ini adalah kandungan seratnya yang tinggi. Menurut sebuah penellitian, serat yang terkandung di dalam satu porsi kurma dapat mencapai lebih dari 6 gram serat makanan. Serat makanan memiliki kontribusi yang besar dalam sistem pencernaan. Serat dapat membantu fungsi saluran pencernaan sehingga sistem pencernaan menjadi lancar.

Serat melancarkan pencernaan salah satunya dengan membantu menghilangkan sembelit. Adanya serat pada saluran pencernaan akan memicu gerakan peristaltik serta mengatur gerakan usus. dengan terpicunya gerakan peristaltik dan gerakan usus, zat-zat makanan yang ada di dalam usus dapat bergerak dengan lancar sehingga tidak menimbulkan sembelit.

  1. Meningkatkan metabolisme

Selain mengandung beta-karoten yang dapat menyediakan vitamin A bagi tubuh, kurma ini juga mengandung vitamin lain seperti vitamin B. Berbagai jenis vitamin B seperti asam pantotenat, asam folat, dan niasin memiliki peran yang penting dalam pengaturan metabolisme tubuh.

Selain mengandung vitamin B, kurma ini juga mengandung mineral tembaga yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Tembaga juga ikut berkontribusi dalam menghasilkan energi di dalam tubuh.

  1. Mengatur penyerapan nutrisi

Raja kurma memiliki manfaat meningkatkan pencernaan sehingga mengonsumsi kurma ini dapat membuat proses pencernaan serta penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi efisien. Mineral tembaga dan kalsium yang terkandung di dalam kurma ini juga meningkatkan ketersediaan kalium dan zat besi yang dapat meningkatkan kesehatan.

  1. Meningkatkan pertumbuhan

Kurma ini memiliki kandungan protein yang tidak terlalu tinggi, tetapi  mengandung mineral seperti kalium, kalsium dan magnesium yang diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan. Manfaat kurma ini dalam meningkatkan pertumbuhan akan semakin terlihat pada anak-anak.

  1. Meningkatkan penglihatan

Kurma jenis ini mengandung beta-karoten yaitu senyawa pigmen yang dapat diolah atau diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A termasuk jenis antioksidan kuat yang sangat efektif serta dapat membantu dalam perawatan mata. Dengan mengonsumsi kurma ini, tingkat penurunan penglihatan dapat berkurang serta dapat memperlambat perkembangan katarak.

  1. Memperkuat tulang

Kurma ini memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti tembaga, kalsium, magnesium, serta mangan yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kepadatan mineral yang ada di dalam tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi kurma dapat membuat tulang menjadi lebih kuat serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Mengurangi kolesterol

Kurma jenis ini mengandung kadar serat yang tinggi sehingga dapat mengontrol kadar kolesterol serta menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, kurma juga memiliki sifat anthiateherogenik, yaitu suatu sifat pada kurma yang dapat mengurangi timbunan lemak pada arteri.

Timbunan lemak pada arteri yang dibiarkan begitu saja dapat membuat saluran arteri menjadi lebih sempit sehingga dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit jantung. Dengan berkurangnya timbunan lemak pada dinding arteri, resiko timbulnya penyakit jantung pun akan berkurang.

Kurma unik yang juga disebut raja kurma ini memiliki tekstur dan rasa yang manis serta dapat memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Kurma ini merupakan camilan yang tepat untuk dijadikan menu berbuka dan sahur untuk menemani ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Kurma ini dapat diperoleh pada tempat-tempat yang menjual kurma seperti tempat jual kurma Semarang. Tempat jual kurma Semarang menyediakan ragam kurma yang dapat dipilih termasuk raja kurma yang berasal dari Arizona ini.

Categories: Pengetahuan