Memiliki rumah ataupun hunian tentu yang sangat diharapkan adalah tingkat kenyamanannya. Dengan kemajuan saat ini, berbagai model bentuk rumah termasuk atap rumah memiliki daya tarik tersendiri. Jika dahulu masih banyak yang menggunakan bambu atau kayu untuk kerangka atap rumah, namun kini sudah mulai beralih ke baja ringan.

Tidak sedikit bahkan hampir semua toko material bangunan menyediakan baja ringan, pasalnya memang sudah sangat populer. Untuk mendapatkan material ini, Anda dapat memesannya melalui qhomemart.com, sebuah toko bangunan online yang menyediakan segala kebutuhan material atau poperti lain yang Anda butuhkan.

Sebelum mengenal tentang model atap rumah dengan menggunakan bahan baja ringan, sebagai inspirasi atap rumah yang akan Anda bangun. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kelebihan dan juga kekurangan menggunakan atap rumah berbahan baja ringan.

Kelebihan Baja Ringan

  1. Ringan

Baja ringan hanya memiliki berat kurang lebih 9 kg per-m2. Dengan demikian, akan mudah untuk dipasang dan tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu juga dapat dengan mudah disambung menggunakan berbagai sistem seperti las atau dengan baut besi, keling ataupun sekrup.

  1. Mudah Dibentuk, Disambung dan Lentur

Selain ringan, baja ringan juga mudah disesuaikan dengan bentuk atap yang Anda inginkan serta dapat dengan mudah disambungkan ke jenis atap lainnya dengan bantuan meterial penghubung baja. Sifatnya yang lentur akan semakin banyak energi listrik yang diserap bahkan dapat menarik tegangan listrik tinggi sekalipun.

  1. Kuat dan Tahan lama

Tidak seperti baja konvensional, material yang digunakan untuk menciptakan baja ringan dengan bahan berkualitas tinggi. Dengan demikian, tidak mudah berkarat, menyusut ataupun memuai. Selain itu juga mampu bertahan dari berbagai kondisi cuaca, sehingga akan melindungi rumahmu secara sempurna.

  1. Dapat di Daur Ulang

Sisa baja ringan yang sudah tidak digunakan, dapat Anda dleburkan untuk dijadikan bahan bangunan lainnya. Dengan menggunakan baja ringan ini, Anda juga turut menyumbang kelesatarian alam yang tidak menggunakan bahan kayu secara berlebihan.

Itulah beberapa kelebihan dari baja ringan. Namun di sisi lain juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yaitu harganya yang tidak murah, dapat dengan mudah terbawa angin, tidak dapat diekspos dan juga rentan roboh jika ada beberapa hal yang tidak teliti.

Setelah mengetahui beragam kelebihan dan kekurangan, namun baja ringan ini tetap menjadi pilihan banyak orang diabndingkan kayu atau besi konvensional. Berikut ini, model atap rumah baja ringan sebagai solusi rumah impian yang dapat memberikan gambaran bagi Anda nantinya.

Model Atap Baja Ringan

Model Atap Rumah V minimalis

Masyarakat saat ini lebih memilih rumah atau hunian yang minimalis, karena mampu menyesuaikan dengan berbagai keadaan. Atap rumah dengan material baja ringan berbentuk V ini banyak yang meminatinya. Bentuk V atau yang sering disebut dengan butterfly, karena bentuknya yang menyerupai sayap kupu-kupu.

Atap bentuk ini dibuat dengan menghadap ke atas dan overhang-nya menurun. Berbeda dengan atap minimalis yang lainnya. Kedua sayapnya tidak dibuat simetris, dimana salah satu sisi dibuat landai sebagai jalannya air. Ruangan bawah atap yang menjadi titik temu dari sayap ini akan terlihat unik dan menenangkan.

Model Atap Pelana Modern

Model ini mungkin sudah sangat banyak ditemui terutama pada rumah-rumah kecil di perumahan. Dengan menggunakan baja ringan yang mudah untuk dibentuk, atap pelana dapat dimodifikasi sehingga tampilan fasade rumah menjadi tidak biasa atau bahkan kekinian.

Model Atap Rumah Saddle

Layaknya atap pelana, atap model ini hanya saja dibuat lebih berisi dengan cara di tumpuk. Dengan begitu akan memberikan kesan yang berbeda dan lebih terlihat elegan. Banyak bentuk rumah minimalis yang menerapkan atap demikian sehingga tidak terlihat monoton.

Untuk memberikan sentuhan yang lebih manis, pada bagian atap teras dibuat datar. Walaupun sekilas terlihat sederhana namun memiliki nilai tambah tersendiri untuk bagian teras tersebut.

Model Atap Multisisi

Bentuk yang unik dari model atap ini akan menarik perhatian banyak orang. Terlebih jika ruangan tidak hanya bentuk persegi atau persegi panjang, agar lebih unik dan kontemporer dapat diterapkan pada ruangan berbentuk segi enam atau segi delapan. Hasil dari model atap ini tentu tidak akan mengecewakan.

Demikian itulah beberapa inspirasi model atap baja ringan yang dapat diaplikasikan salah satunya pada rumah impian Anda. Agar modelnya tidak begitu-begitu saja, maka Anda dapat merubahnya sesuai dengan keinginan. Berhubung, baja ringan memiliki sifat yang mudah untuk disesuikan dengan berbagai bentuk.

Urusan material bisa diserahkan pada qhomemart.com. Anda hanya tinggal berbelanja sambil menikmati kegiatan lain. Selain deskripsi tentang harga yang ditawarkan terdapat pula tentang detail produk. Dengan begitu, akan menghemat waktu Anda.

Categories: Home Decor