Sampang yang ada di daerah Madura ini juga memiliki banyak tempat wisata yang potensial dan menarik. Adapun beberapa wisata yang ada di sampang ini mulai dari wisata pantai, wisata pegunungan hingga wisata sejarah bisa ditemukan disini.

Simak ulasan beberapa tempat wisata menarik di Sampang yang sayang jika tidak dikunjungi yang kami kutip dari Hargatiket.net.

1. Pulau Mandangin

Kabupaten Sampang ini juga memiliki pulau yang diberi nama Pulau Mandangin. Daya tarik yang ada di pulau ini yaitu pasirnya yang berwarna putih dengan air lautnya berwarna jernih kebiru-biruan.

Dibalik panoramanya yang indah, ternyata pulau ini juga menyimpan sejarah yang kelam.

Konon sebelum pulau ini dijadikan sebagai tempat wisata, dulunya pulau ini dijadikan sebagai tempat pengasingan.

Dan orang-orang yang diasingkan ke pulau ini biasanya orang yang memiliki penyakit menular maupun lepra. Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir untuk mengunjungi pulau ini.

Karena cerita diatas memang sudah benar-benar berakhir, sehingga pulau ini juga aman dan nyaman.

2. Pantai Camplong

Kemudian bagi kamu yang menginginkan suasana yang romantis, Sampang juga memiliki wisata pantai yang romantis yang dinamakan dengan Pantai Camplong.

Suasana romantis sangat terlihat di pantai ini. Kita juga bisa menikmati makanan sambil duduk di areal tempat makan yang menjorok ke perairan pantai.

Dengan suasana tempat makan yang keren tersebut, menjadikan suasananya makin romantis. Apalagi saat sore hari. Ditambah lagi dengan suasana pantainya yang masih cukup bagus dan asri.

Kita bisa mengunjungi pantai ini kapan saja karena dibuka selama 24 jam nonstop. Meskipun begitu pilih lah waktu yang tepat yaitu d sore hari saat panorama sunset eksotis.

3. Waduk Klampis

Tempat wisata selanjutnya yang ada di Sampang yaitu Waduk Klampis. Dikarenakan Pulau Madura ini tidaklah terlalu luas sehingga jumlah waduk yang ada didalamnya pun tidak begitu banyak.

Waduk Klampis ini fungsinya yaitu sebagai tandon untuk penampungan air yang akan mengirigasi areal persawahan dan pemasok air ke daerah yang ada di sekitarnya.

Bahkan karena tempat ini memiliki panoramanya yang menarik sehingga seringkali dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Pada waktu-waktu tertentu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke waduk ini. Sehingga masyarakat yang ada disekitar pun mulai menyediakan fasilitas berupa perahu sampan yang bisa disewa wisatawan.

4. Wisata Rimba Monyet Nepa

Kemudian untuk tempat wisata di Sampang berikutnya yaitu Wisata Rimba Monyet Nepa. Tempat wisata ini ada di hutan kera Nepa letaknya di pesisir utara Madura.

Luas hutan ini sekitar 1 km persegi dan hampir semuanya adalah habitat tinggal kera. Oleh karena itulah daya tarik utamanya yaitu keberadaan kawanan kera.

Pengunjung juga bisa berinteraksi secara langsung dengan kera-kera yang ada disini. Karena letak hutan ini ada di pinggir pantai, sehingga kita juga bisa langsung melihat areal hutan mangrovenya. Untuk menikmati suasana sekitarnya, kita juga bisa menyewa perahu untuk mengelilinginya.

Akan tetapi jika kamu ingin menuju kesini maka harus berhati-hari. Ini dikarenakan tempatnya berada di daerah terpencil. Jadi jalanan yang dilewati pun masih belum bagus.

5. Gua Lebar

ketika sebagian tanah yang ada disekitar kita ambles, mungkin itu merupakan suatu bencana. Hal inilah yang mungkin terjadi pada zaman dahulu di area tanah di Pusat kota Sampang.

Dulunya tempat tersebut ambles ,namun sekarang bekas tanah yang ambles tersebut sudah menjadi tempat wisata yang menarik di Sampang.

Categories: Wisata