Pembangunan konsep dapur modern minimalis harus memperhitungkan dengan ukuran yang akan dibuat. Luas dapur umumnya sebesar 10 persen dari luas rumah yang anda miliki. Agar luas dapur lebih efisien, salah satu yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan adalah ukuran kitchen set. Jika anda ingin tahu informasi detailnya, simak ulasan berikut!

Ukuran Standar Area Dapur yang Dibuat Sebagai Perlengkapan Dapur

  1. Area Kerja Dapur

Kitchen set merupakan perlengkapan dapur yang multifungsi. Sebab, perlengkapan tersebut memiliki fasilitas penyimpanan, pencucian, sampai fasilitas untuk kerja ketika di dapur. Salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan adalah area kerja. Di area tersebut terdapat peralatan yang meliputi, microwave, oven serta kompor.

Area kerja di sini menjadi ruang bebas yang dipersiapkan antara meja satu dengan counter yang lainnya. Selain itu, ruang kerja juga diartikan sebagai area yang digunakan untuk memudahkan aktivitas yang ada di dapur. Maka dari itu, jarak yang harus dipersiapkan di sini harus berukuran kurang lebih 80 hingga 115 cm.

Ukuran tersebut sangat pas untuk memudahkan anda mengambil barang yang berada di bawah atau meletakkan rak piring. Sehingga ada ruang yang pas jika anda harus membungkuk ketika berada di dapur. Sedangkan untuk jarak antara meja satu dan lainnya yang paling tepat adalah kurang lebih 120 cm.

  1. Jarak Ideal dan Ketinggian Kabinet Dapur

Selain memperhitungkan ukuran dari ruang bebas dapur, anda juga harus mempertimbangkan ketinggian. Ketinggian perabot yang dimaksud di sini merupakan ukuran tinggi kabinet bawah dapur yang akan kamu gunakan untuk melakukan kegiatan seperti mencuci piring, memasak, dan kegiatan di dapur lainnya.

Sebaiknya ketinggian yang ada di area dapur haruslah membuat anda nyaman untuk melakukan kegiatan sehari – hari. Ketinggian ideal kabinet bawah dapur sekitar area pinggul anda, atau kurang lebih berukuran 85 cm dari lantai. Ukuran tersebut menjadi salah satu yang paling aman jika ingin membuat kitchen set.

Selain itu, untuk menjalankan kegiatan dan aktivitas di dapur anda harus memastikan jarak yang tepat lemari dapur. Jarak ideal antara ukuran kitchen set dan meja dapur untuk dapur bergaya modern minimalis adalah sekitar 50 hingga 70 cm. Dengan jarak tersebut akan mempermudah anda untuk mengambil barang yang ada di lemari atas.

  1. Lebar Meja dengan Struktur Kabinet Bawah yang ada Dapur

Salah satu hal yang menjadi poin terpenting adalah lebar kabinet bawah atau meja dapur. Kabinet ini berfungsi sebagai meja untuk area memasak, mencuci, bahkan meracik bahan makanan. Lebar yang baik dan ideal adalah kurang lebih sekitar 50 hingga 70 cm. Sedangkan ukuran panjangnya sekitar 150 cm untuk kabinet bawah yang memiliki 2 pintu.

Untuk ketinggian kabinet bawah dapur bisa dibuat dengan ukuran kurang lebih 70 hingga 85 cm. Kabinet bawah bisa diisi dengan keranjang tarik. Hal tersebut akan memudahkan anda untuk menjangkau perabot atau bahan makanan dengan mudah, sehingga pekerjaan di dapur akan lebih efektif. Jika ingin ide ukuran lebih lanjut, anda bisa langsung mengunjungi laman gabdearq.com.

  1. Lebar Kabinet Atas yang ada di Dapur

Tidak hanya menentukan kabinet bawah dapur saja, anda juga harus memperhitungkan kabinet atas. Kabinet atas idealnya berukuran setinggi mata manusia atau 150 cm dari permukaan lantai. Sementara untuk kabinet atas sebaiknya memiliki lebar kurang lebih sekitar 35 cm agar saat anda melakukan kegiatan di dapur tidak mengenai kepala.

Jika anda ingin membuat kabinet atas dengan satu lemari, ada baiknya menggunakan skala yang standar. Ukuran ideal lemari atas dengan satu pintu bisa menggunakan ukuran 40 sampai 60 cm. Lebar maksimal yang bisa anda gunakan adalah 35 cm. Sedangkan, tinggi kabinet dapat anda pilih mulai dari ukuran 36 cm, 66 cm, hingga 100 cm.

Sementara itu untuk ukuran kitchen set atas dengan dua pintu bisa menggunakan panjang sekitar 70 cm hingga 150 cm. Untuk lebarnya anda bisa memperhitungkan sekitar 35 cm, dan ketinggiannya mulai dari 50 cm, 66 cm, sampai 100 cm. Kabinet atas tersebut sangat efisien jika digunakan untuk barang pecah belah atau makanan kaleng.

  1. Lemari Laci dan Rak Terbuka

Bagian penting yang harus ada di kitchen set adalah lemari laci. Kabinet laci ini biasanya diletakkan di lemari bawah dan ukurannya tergantung benda apa yang ingin disimpan, seperti sendok, garpu, hingga lainnya. Namun, lemari laci juga bisa digunakan sebagai penyimpanan wajan atau panci jika dibuat dalam ukuran besar.

Anda bisa menggunakan ukuran laci dengan panjang kurang lebih 45 cm hingga 60 cm. Sedangkan untuk lebarnya bisa menggunakan ukuran 60 cm. Ukuran tersebut merupakan perhitungan untuk konsep dapur bergaya modern minimalis. Jadi, lemari kabinet tidak terlalu besar ataupun kecil dan sangat pas saat diisi perabotan dapur.

Tidak hanya lemari laci saja yang menjadi hal terpenting untuk membuat kitchen set. Anda juga harus menentukan ukuran rak terbuka. Rak ini bisa didesain pada lemari atas, bawah, bahkan lemari dinding. Anda bisa menggunakan rak tersebut sebagai tempat penyimpanan panci atau teko yang sering digunakan ketika sedang memasak.

  1. Lemari Sudut dan Lekukan Bawah Kabinet

Untuk memanfaatkan sudut dapur yang biasanya tidak digunakan, anda bisa membuat lemari sudut. Lemari tersebut bisa didesain dengan dua pintu lemari yang kedua pegangannya berada di sudut lemari. Bahkan anda juga dapat membuat lemari sudut dengan pintu berengsel ganda sehingga ketika dibuka kedua pintu akan terbuka lebar.

Untuk ukuran kitchen set bagian kabinet sudut bisa menggunakan panjang 65 cm hingga 100 cm, lebar sisi pendek berukuran 60 cm dan tinggi 85 cm, lebar sisi yang panjang sekitar 85 cm hingga 100 cm. Sedangkan untuk lekukan kabinet bisa diukur sekitar 10 hingga 15 cm agar anda dapat dengan nyaman menghadap meja dapur.

Itulah beberapa ukuran kabinet perabot dapur yang bisa anda terapkan jika memiliki hunian dengan konsep modern minimalis. Ukuran tersebut merupakan perhitungan standar yang ideal untuk menciptakan area dapur yang nyaman dan efektif. Sehingga saat melakukan kegiatan di dapur akan lebih mudah.

Categories: Home Decor