Desain Ventilasi Rumah Yang Baik

Saat membangun rumah dengan ukuran sedang atau kecil, rumah yang kamu memiliki mungkin terasa pengap karena minimnya ventilasi di dalam rumah. Tips desain ventilasi rumah yang baik berikut akan membuat rumah lebih berventilasi dan dapat menciptakan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah.

Sirkulasi udara, terutama di musim kemarau, saat udara di dalam rumah akan lebih pengap dan panas, rumah kita miliki pastinya sangat membutuhkan cara ini untuk menghadirkan kenyamanan dan kesejukan bagi orang yang tinggal di dalam rumah. Tips berikut bisa membantu rumah menjadi lebih bersih, menciptakan sirkulasi udara menjadi sejuk, nyaman, dan segar.

Mendesain Ventilasi Skylight

Pixabay.com

Pertama tips yang bisa kamu terapkan adalah mendesain rumah dengan ventilasi dan pencahayaan jendela skylight. Skylight adalah salah satu solusi untuk menghadirkan sirkulasi udara alami untuk ventilasi rumah yang berukuran kecil. Biasanya, dalam suatu ruang, aktivitas manusia sehari-hari menciptakan suhu panas, sehingga Suhu udara di ruangan di dalam rumah meningkat.

Pada temperatur tinggi, gas akan perlahan naik dan naik membentuk area bertekanan rendah. Udara dingin akan masuk dari luar. Ini adalah cara untuk membantu menyeimbangkan suhu udara, memungkinkan udara segar dari luar membanjiri rumah.

Ventilasi Skylight adalah jendela yang dibuat di atas langit-langit rumah menggunakan bahan kaca yang bisa dibuka dan ditutup. Selain digunakan sebagai penambah sirukulasi udara, desain jendela skylight juga bermanfaat untuk menambahkan cahaya di dalam ruangan di siang hari.

Sehingga dengan mendesain ventilasi skylight kamu juga dapat lebih menghemat listrik, karena ruangan yang memiliki skylight tidak memerlukan lampu untuk menerangkan ruangan pada saat siang hari.

Mendesain Jendela Berukuran Besar

Namun, untuk rumah yang tidak memiliki desain ventilasi skylight, kamu masih bisa menggunakan desain ventilasi dinding kaca yang berukuran besar. Cara ini membantu menambah udara masuk lebih banyak dan meningkatkan sirkulasi udara dengan mudah dan alami ke dalam rumah.

Jika kamu tidak memiliki ruang untuk membuat jendela berukuran besar kamu bisa mencoba membuat jendela dinding kecil tetapi memiliki banyak jendela di setiap ruangan di dalam rumah.

Mendesain Rumah 2 Pintu Yang Terbuka Bersamaan

Mungkin cara membuat ventilasi skylight atau mendesain jendela dinding kaca berukuran besar tidak untuk desain rumah yang kamu miliki saat ini. Sehingga untuk mengurangi udara panas di dalam rumah, kamu harus mendesain rumah dengan dua pintu yang ketika dibuka bisa terbuka bersamaan, atau pintunya saling berhadapan.

Perbedaan penampang dapat dibuat pada dua pintu terbuka dapat membantu memperlancar sirkulasi udara masuk ke dalam rumah. Ventilasi yang baik juga dapat membuat lingkungan dalam ruangan lebih terbuka dan nyaman.

Mendesain Ruangan Lega dan Minimalis

Untuk rumah dengan luas terbatas atau kecil, memisahkan ruangan dengan dinding kokoh merupakan solusi yang tidak menghadirkan efisiensi optimal untuk meningkatkan sirkulasi cahaya dan udara. Oleh karena itu, Kamu dapat membuat pembatas ruangan yang lebih kecil dan minimalis Antar ruangan. Sehingga cahaya dan udara dari luar bisa dengan mudah masuk ke sudut-sudut kecil di dalam rumah.

Jika Kamu merasa perlu membagi ruang, Anda dapat menggunakan partisi fleksibel yang dipesan di pirekiasia.co.id atau beberapa interior utama untuk memisahkan ruangan. Pendekatan ini dapat membantu sirkulasi udara menjadi sangat efisien.

Gunakan furnitur minimalis dan sederhana

Dengan rumah yang berukuran kecil, jika terlalu banyak menaruh furnitur terutama yang desainnya tidak praktis, ukurannya yang besar pasti akan membuat ruangan menjadi sesak, pengap dan sirkulasi udara menjadi lebih sulit untuk masuk ke setiap ruang di dalam rumah.

Jadi untuk memberikan desain ventilasi rumah yang baik, sebaiknya kamu memilih furnitur dengan desain sederhana dan elegan. Apalagi saat menempatkan furnitur interior, hindari menempatkan furniture dilokasi yang dekat dengan area ventilasi rumah. Sehingga area ventilasi tidak tertutup oleh furniture dan dapat menyebar ke setiap sudut ruangan di dalam rumah lebih baik.

Gunakan Peralatan Elektronik Membantu Sirkulasi Udara Masuk

Pixabay.com

Tergantung pada musim, kondisi cuaca bisa menjadi penentu peralatan mana yang digunakan untuk menambahkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Pada hari-hari panas, kamu dapat menggunakan kipas langit-langit, dan memperlebar jendela untuk membantu sirkulasi udara yang lebih baik.

Pada hari-hari dengan kelembapan tinggi, kelembapan di ruangan bisa menjadi masalah bagi semua orang di rumah. Pada tahap ini, Kamu dapat menggunakan dehumidifier untuk meningkatkan keseimbangan udara serta meningkatkan kesehatan semua orang di dalam rumah.

Selain itu, Kamu juga dapat mengandalkan peralatan elektronik lainnya seperti kipas ventilasi dan AC untuk membantu ruangan di dalam rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman, terutama di hari yang panas.

Itulah beberapa tips dan cara membuat desain ventilasi rumah yang baik, semoga dengan adanya artikel ini rumah yang kamu bangun bisa memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain dapat membuat sirkulasi udara lebih baik, cahaya yang masuk dalam rumah juga akan lebih baik. Sehingga semua orang yang ada di dalam rumah juga akan memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

Posted in <a href="https://encompinc.com/category/home-decor/" rel="category tag">Home Decor</a>