Banyak yang masih kebingungan kapan menentukan waktu sholat tahajud yang baik. Pasalnya kita tahu sendiri bahwa waktu pelaksanaan sholat tahajud sendiri adalah dimulai dari sehabis sholat isya’ sampai dengan waktu sholat subuh tiba.

Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah dari rentan waktu tersebut kira-kira kapan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud? Namun tidak sampai di situ saja permasalahannya. Pasalnya banyak sekali yang masih merasa kebingungan apakah sholat tahajud harus dilakukan setelah tidur atau boleh dilakukan sebelum tidur?

Jika jawabannya harus setelah tidur, maka pertanyaan yang akan muncul kemudian adalah apa status sholat tahajud yang dikerjakan sebelum tidur?

Waktu Terbaik Sholat Tahajud

Sebelum mengulas lebih jauh kapan waktu sholat tahajud yang baik, sudah tahukah Anda kapan waktu pelaksanaan sholat tahajud itu sendiri? Nah, waktu pelaksanaan sholat tahajud sendiri adalah setelah sholat isya’ hingga terbitnya fajar.

Waktu tersebut berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Pada hadits terebut dijelaskan bahwa istri Beliau, Aisyah RA melihat bahwa Rasulullah SAW sering melakukan sholat sebelas rakaat pada waktu antara selesai sholat isya’ hingga subuh.

Nah, sholat dua belas rakaat yang dimaksud pada hadits tersebut merujuk pada sholat tahajud itu sendiri. Sementara itu, berkaitan dengan waktu sholat tahajud tersebut, banyak lagi para ulama yang membaginya menjadi tiga waktu, yaitu:

  1. 1/3 Malam Pertama

Yang dimaksud dengan 1/3 malam pertama di sini adalah waktu sehabis sholat isya’ sampai dengan jam 22.00 WIB.

  1. 1/3 Malam Kedua

Kapan tepatnya waktu yang disebut 1/3 malam kedua ini? Banyak ulama yang berpendapat jika 1/3 malam kedua ini dimulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00 WIB.

Pada waktu ini banyak para ulama yang mengatakan jika waktu tersebut merupakan waktu yang mendatangkan fadilah atau memiliki keberkahan tersendiri. Selain itu dikatakan juga jika 1/3 malam kedua ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Artinya seorang muslim yang istiqomah atau secara rutin sholat tahajud pada waktu 1/3 malam kedua ini akan memperoleh kemuliaan tersendiri. Terlebih lagi pada waktu 1/3 malam kedua ini umumnya orang susah untuk bangun lalu beribadah.

  1. 1/3 Malam Terakhir

Banyak para ulama yang berpendapat jika waktu terbaik sholat tahajud adalah pada 1/3 malam terakhir ini. Atau tepatnya pada jam 01.00 sampai dengan waktu sebelum memasuki waktu sholat subuh.

Bahkan dikatakan juga jika berdoa pada waktu 1/3 malam terakhir ini memiliki kesempatan besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana seperti yang dijelaskan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Pada hadits tersebut dijelaskan bawah Allah akan mengabulkan setiap doa hambanya yang dilakukan pada 1/3 malam terakhir ini. Itulah kenapa banyak ulama yang berpendapat jika waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah saat 1/3 malam terakhir.

Setelah tahu kapan waktu mengerjakan sholat tahajud, ada hal penting lain yang sering menjadi perdebatan pada ulama hingga saat ini. Yakni berkaitan dengan apakah sholat tahajud harus dikerjakan setelah tidur atau boleh dikerjakan sebelum tidur?

Sholat Tahajud Sebelum Tidur

Menurut pendapat yang mu’tamad atau kuat, sholat tahajud harus dikerjakan pada malam hari dan seseorang tersebut harus tidur terlebih dahulu. Meskipun tidur yang dilakukan hanya sebentar. Hal ini berdasarkan pendapat dari Imam Romli dalam kitabnya yang berjudul Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj.

Meskipun demikian, ada sebagian ulama yang berpendapat jika sholat tahajud boleh dikerjakan sebelum tidur. Misalnya saja seperti yang dijelaskan di kitab Hasyiyah Ad-Dasuqi.

Alasannya adalah dikarenakan arti dari tahajud sendiri adalah mujanabatulhajud yang berarti menjauhi tempat tidur. Artinya sholat tahajud pun bisa dikerjakan sebelum tidur. Bahkan di dalam kitab tersebut dijelaskan juga bahwa semua sholat yang dilakukan pada malam hari bisa dikategorikan sebagai tahajud.

Sebenarnya perbedaan pendapat para ulama ini adalah hal yang sangat biasa terjadi. Meskipun demikian, alangkah lebih baiknya jika memilih pendapat yang mu’tamad atau yang paling kuat saja.

Berkaitan dengan kapan waktu terbaik mengerjakan sholat tahajud pun sebenarnya ada perbedaan pendapat di antara para ulama. Berbeda dengan kapan waktu sholat fardhu yang sudah sangat jelas.

Apalagi untuk di Indonesia sendiri. Rata-rata masjid sudah memiliki jam dinding digital. Ditambah lagi harga jam digital masjid yang sangat terjangkau pun menjadi salah satu alasan kenapa kini banyak yang memilihnya. Bahkan untuk versi yang lebih canggih, semua waktu sholat pun bisa diketahui dengan lebih mudah. Termasuk kapan waktu sholat tahajud yang baik.

Categories: Islam