Dalam era globalisasi ini, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional. Bahasa Inggris selalu digunakan dalam sebuah pertemuan atau pameran internasional. Selain itu, jika kamu menghadiri acara olahraga internasional atau konferensi internasional, kamu juga akan menemukan bahwa bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa pengantar dan bahasa resmi dalam setiap dokumen di banya universitas dunia. Oleh karena itu, jika kamu ingin melanjutkan jenjang pendidikanmu di universitas di dunia, kamu perlu mempelajar bahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga menjadi salah satu persyaratan penerimaan karyawan baru di beberapa perusahaan baik perusahaan level nasional maupun internasional. Selain itu, beberapa instansi pemerinta serta perusahaan pemerintah juga mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris yang baik bagi setiap pelamar kerja. Hal ini yang menyebabkan bahasa Inggris menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh masyarakat.

Dalam bahasa Inggris, salah satu hal yang menjadi inti bahasa adalah pola kalimat atau yang sering dikenal sebagai grammar bahasa Inggris. Seseorang yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik, hendaknya harus mempunyai kemampuan yang baik dalam menuliskan grammar bahasa Inggris. Akan tetapi, belajar grammar bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah. Hal ini disebabkan ada banyak tata aturan dan pola kalimat yang harus dipelajari. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin menguasai grammar bahasa Inggris harus disiplin dan tekun belajar.

Salah satu pola kalimat yang sering muncul dalam dialog bahasa Inggris adalah bagaimana cara membuat sebuah permintaan atau lebih dikenal sebagai making request. Permintaan yang diajukan dapat berupa permintaan tolong, ajakan untuk pergi, dll. Selain itu, respon yang diberikan juga dapat berupa meyetujui permintaan yang diajukan maupun menolaknya. Berikut ini, beberapa contoh tentang pola kalimat dari making request.

stocksnap.io

Contoh Pola Kalimat Making Request

Ada beberapa pola kalimat yang dapat digunakan dalam membuat ungkapan making request dalam bahasa Inggris. Pola kalimat making request yang paling umum adalah dengan can / could + pronoun + verb. Pola kalimat ini merupakan pola kalimat yang formal sehingga biasanya digunakan saat berdialog dengan orang yang lebih tua atau atasan kerja. Contoh kalimat dari making request adalah, “ Could we have a meeting next Monday?”, “ Can I ask your help?”, “Can I lend your book”,  dan “Can I help you to copy this book?”.

Sementara itu, jika kamu ingin berbicara dengan pola kalimat yang lebih resmi saat membuat permintaan baik permintaan bantuan atau menerima sesuatu, kamu bisa menggunakan pola kalimat may / might + pronoun + verb. Pola kalimat ini biasanya dikatakan dalam acara resmi. Sehingga, biasanya jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kalimat permintaan dengan menggunakan pola kalimat ini adalah, “ May I see your experiment book?” dan “May I ask some questions about your lab work?”. Contoh lain yang bisa digunakan adalah, “Might I ask your favor?”.

Kamu juga bisa menggunakan pola kalimat yang lain untuk membuat sebuah ungkapan making request. Pola kalimat lain yang bisa digunakan adalah will / would + pronoun + verb. Jika may / might  merupakan ungkapan making request yang formal, maka will / would merupakan ungkapan yang lebih informal. Sehingga, pola kalimat ini sering dijumpai dalam percakapan kehidupan sehari-hari. Contoh kalimat yang menggunakan kata will / would sebagai ungkapan making request adalah, “ would you to go a party with me?” dan “would you like to go a cinema with me tonight?”. Contoh lain yang bisa digunakan adalah, “Will you go to the library with me?”, dan “Will you send me some copies of your notebook?”.

stocksnap.io

Contoh Ungkapan Accepting – Rejecting Request

Jika seseorang menawarkan sebuah permintaan baik suatu permintaan tolong maupun ajakan, maka akan lebih baik untuk memberikan respon berupa penerimaan permintaan ataupun penolakan atas permintaan yang telah diajukan.

Ada beberapa contoh ungkapan penerimaan dari permintaan yang diajukan. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan konteks dialog yang sedang diajukan. Misalnya, Yes I can come with you. Contoh yang lain, Sure, I can help you. Kamu juga bisa mengatakan, Absolutely, I’ll come with you.

Sementara itu, jika kamu ingin mengungkapkan respon negatif yang berupa penolakan, kamu bisa menggunakan beberapa kalimat berikut ini. Contoh respon negatif dari ungkapan making request adalah I’m sorry, I don’t think I can help you. Kamu juga bisa mengatakan, No, you may not, dll. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikannya dengan kondisi yang kamu alami.

Kamu dapat berlatih dialog dalam bahasa Inggris bersama teman-teman yang mempunyai pengetahuan yang lebih mengenai bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa media sosial dan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk membantumu dalam berinteraksi dengan orang-orang yang berbahasa Inggris. Dengan melakukan percakapan bahasa Inggris secara rutin, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.